PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SMP TERHADAP KINERJA GURU BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN GOWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membahas tentang (1) Pengaruh Kepemimpinan Kepala SMP terhadap Kinerja Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Gowa (2) Seberapa besar pengaruh antara variabel Kepemimpinan Kepala SMP dan variabel kinerja guru bahasa Indonesia di Kabupaten Gowa.Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui survei dengan menggunakan angket yang didistribusikan ke 100 guru bahasa Indonesia dari 50 SMP di Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan multidisipliner. Analisis dilakukan melalui beberapa langkah. Pertama penulis melakukan pemeriksaan terhadap sifat-sifat pengukuran melalui analisis faktor konfirmatori. Kedua, penulis melakukan verifikasi model dengan menggunakan model persamaan struktur atau SEM (structural equation modeling). Akhirnya, penulis melakukan jastifikasi atas hasil analisis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya dan situasi kepemimpinan Kepala SMP serta iklim organisasi SMP di Kabupaten Gowa secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja guru bahasa Indonesia, (2) Pengaruh antar variabel, secara parsial memperlihatkan nilai yang bervariasi. Iklim kerja memiliki tingkat pengaruh paling tinggi terhadap kinerja guru bahasa Indonesia diantara variabel yang diteliti. Implikasi penelitian memperlihatkan perlunya seseorang pemimpin memperhatikan bawahannya melalui proses penciptaan dan pencitraan iklim kerja yang kondusif serta perhatian yang tinggi terhadap peluang pengembangan karier, pembelajaran berkelanjutan, dan kesejahteraan bawahan.
Full Text:
PDFReferences
Ariani, D.W.1999. Manajemen Kualitas. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.
Azwar, Syarifuddin.2002. Skala Sikap dan Teknik Pengukurannya, Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
BPKP. 2000. Pengukuran Kinerja, Jakarta: Rineka Cipta.
Mangkuprawira, Syafri. 2009. Mengapa Kinerja Karyawan Bisa Menyimpang.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung:Cet. IX, Remaja Rosda Karya.
Parenrengi, Arsyad.2007. Pengaruh Kinerja Pengawas terhadap Kinerja Guru . PPs UIN Alauddin.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta
Syarifuddin, Nurdin. 2005. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, ( Cet. III, Jakarta: Ciputat Pres)
Zamroni.t.thn. Meningkatkan Mutu Sekolah, Jakarta:PSAP Muhammadiyah.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kloang klede Putra Timur.
Undang-undang Guru dan Dosen: UU RI No. 14 Thn. 2005, Jakarta: Sinar Grafika.
Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja, Jakarta: Rajagrafindi Persada.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i2.1839
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.