PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN METODE TOPI PEMIKIRAN (SIX THINKING HATS) PADA SISWA KELAS X SMA GUPPI SAMATA

Indramini Indramini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya keterampilan siswa dalam menulis paragraf argumentasi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan metode Topi Pemikiran (Six Thinking Hats) pada siswa kelas X SMA Guppi Samata. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-A yang terdiri atas 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa, tes, observasi, analisis dokumen, dokumentasi dan wawancara serta format penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan metode Topi Pemikiran (Six Thinking Hats) pada siswa kelas X A SMA Guppi Samata. Peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi tampak pada kualitas proses kualitas hasil. Peningkatan proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan produk pratindakan sampai siklus II. Nilai Rata-rata skor pada pratindakan diperoleh 61,03, nilai rata-rata skor pada siklus I diperoleh 78,83 dan nilai rata-rata skor pada siklus II diperoleh 84,0. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II diperoleh 22,97. Secara keseluruhan semua aspek dari kriteria menulis paragraf argumentasi mengalami peningkatan yang cukup signifikasn, yaitu dari aspek isi, organisasi isi, kosakata, penggunaan bahasa dan mekanik.


Full Text:

PDF

References


Abi Sofyan Giffari. 2013. Six Thinking Hats. (Online) netsains.net/013/10/six-thinking-hats, Diakses 03 Maret 2014, Pukul 09.55

Akhadiah, Sabarti dkk. 2001. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Deka Kurnia. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan Menggunakan Metode Jigsaw. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewi Ambarwati. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi dengan Media Iklan Advertorial pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Prembun. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mafrukhi, Wahono, dkk. 2006. Kompeten Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Medi Yanto. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Munirah. 2007. Dasar Keterampilan Menulis. Tidak diterbitkan. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Munirah. 2010. Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tidak diterbitkan. Fkip Universitas Muhammadiyah Makassar.

Munirah. 2015. Karya Tulis Ilmiah. Tidak diterbitkan. FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nur, Hanis, dkk. 2001. Keterampilan Dasar Dalam Proses Pembelajaran. Makassar: Penerbit Unismuh Makassar Pers.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Penerbit BPFE




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.