KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MERINDU CAHAYA DE AMSTEL KARYA ARUMI EKOWATI: PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA
Abstract
Sastra erat kaitannya dengan aktivitas manusia, sebab pada dasarnya karya sastra merupakan cerminan dari aktivitas manusia itu sendiri. Dalam karya sastra, kepribadian dalam psikologi Islam merupakan telaah terhadap kepribadian individu yang bersumber pada kesatuan sistem hati, daya pikir, dan hasrat yang mengakibatkan tingkah laku tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian tokoh utama dalam novel Merindu Cahaya de Amstel karya Arumi Ekowati yang akan ditelaah dalam kajian perspektif psikologi Islam dan dapat dijadikan sebagai sumber kajian sastra di SMA. Metode penelitian ini adalah kualitatif yang menekankan pada karya sastra dan mengambil pendekatan psikologi untuk mengetahui kepribadian tokoh utama yang terdiri dari unsur-unsur tipologi kepribadian dalam Islam. Cuplikan teks dari kutipan yang membahas kepribadian dalam psikologi Islam dijadikan sebagai sumber data. Penelitian ini mencakup sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan studi pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan dan hasil analisis yang dilakukan terhadap novel ini, diketahui bahwa novel Merindu Cahaya de Amstel mengandung bentuk-bentuk tipologi kepribadian dalam Islam melalui tingkah laku dari tokoh utama. Bentuk-bentuk tipologi kepribadian tersebut meliputi: kepribadian ammarah, kepribadian lawwamah, dan kepribadian Muthma’innah. Temuan dan kesimpulan penelitian ini terkait implikasi pembelajaran sastra di SMA, dapat menambah pemahaman siswa tentang ajaran Islam yang dibuat pengarang dalam novel terkait tipologi kepribadian dalam Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdusshomad, A. (2020). Penerapan Sifat Qanaah dalam Mengendalikan Hawa Nafsu Duniawi. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 21–33. https://doi.org/https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.95
Atmojo, S. (2019). Mengajarkan Kemampuan Mengelola Emosi Marah pada Remaja dalam Bidang Pendidikan. Buletin Jagaddhita, 1(4).
Aziz, R. (2020). Kepribadian Islam dalam Siklus Ekonomi Terdampak Covid-19. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 289–303. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3252
Budiawan, A., Muljani, S., & Anwar, S. (2022). Aspek Kepribadian Tokoh pada Novel Si Anak Kuat Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia dI SMA. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(3), 502–515. https://doi.org/https://doi.org/10.58218/alinea.v2i3.365
Gunawan, & Septiansyah, M. A. L. (2022). Dinamika Kepribadian Perspektif Psikologi Islam: Telaah Kritis Pemikiran Ibnu Sina. Ulimuna: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 299–314. https://doi.org/https://doi.org/10.36420/ju.v8i2.6134
Halisa, N., & Maulida, N. I. (2019). Analisis Id, Ego, dan Superego Novel Pasung Jiwa Karya Oky Madasari Menggunakan Pendekatan Psikologi Sastra. 1–23. https://doi.org/10.31227/osf.io/wbjgn
Idi, A., & Sahrodi, J. (2017). Moralitas Sosial dan Peranan Pendidikan Agama. Intizar, 23(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1316
Maharani, D., & Hidayat, T. (2020). Rasionalitas Muslim : Perilaku Konsumsi dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 409–412. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1374
Mujib, A. (2007). Kepribadian dalam Psikologi Islam Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nurhayati, A., Ummah, Z. I., & Shobron, S. (2018). Kerusakan Lingkungan dalam Al-Qur’an. SUHUF, 30(2), 194–220. https://doi.org/10.23917/suhuf.v30i2.7643
Oktarina, E., & Ernani. (2022). Tipe Tepribadian Tokoh dalam Novel Layangan Putus Karya Mommy ASF dan Implikasinya terhadap Pembelajaran di SMA. Dialektologi, 7(2), 1–14.
Puspita, H. (2021). Analisis Penokohan Novel Iavanna Van Dijk Karya Risa Saraswati melalui Pendekatan Psikologi Sastra. JURNAL KASTRAL : Kajian Sastra Nusantara Linggau, 1(1), 9–21.
Rahman, A. A., Waluyo, H. J., & Suyitno. (2016). Analisis Psikologis Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak serta Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 10–21.
Setiana, L. N. (2017). Analisis Struktur Aspek Tokoh dan Penokohan pada Novel La Barka dalam Perspektif Islam. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 211–226. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v1i2.516
Solihati, N., Hikmat, A., & Hidayatullah, S. (2016). Teori Sastra: Pengantar Kesusastraan Indonesia. Jakarta: Uhamka Press.
Zaini. (2021). Psikologi Kepribadian Dalam Perspektif Islam. JIPKL: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 1(1), 58–69.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i1.10900
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.