Transformasi Konflik Kebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima di Kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta

Esa Septian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif solusi dalam penyelesaian konflik relokasi PKL Malioboro dengan pemerintah menggunakan transformasi konflik agar terciptanya hubungan baik yang terbangun secara jangka panjang. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data diperoleh dari literatur yang relevan dengan tema penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik content analysis. Langkah-langkah analisis data melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa relokasi kebijakan PKL dapat mendatangkan nilai positif bagi keberlanjutan kawasan malioboro sebagai warisan budaya dunia maupun PKL. Namun demikian, penolakan relokasi dilatarbelakangi atas kekhawatiran penurunan penghasilan dimana PKL menjadi salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Dalam upaya menyukseskan kebijakan relokasi PKL dapat dilihat dari perspektif transformasi konflik yaitu a) Perubahan personal PKL dalam meningkatan kapasitas diri; b) Perubahan relasional yang konstruktif antara pemerintah dengan PKL; c) Perubahan struktural dalam memfasilitasi peningkatan usaha PKL; dan d) Perubahan kultural dalam membangun sumber daya dan mekanisme relokasi PKL Malioboro. Faktor yang mendukung relokasi PKL Malioboro dapat menerapkan Digital marketing dalam meningkatkan pemasaran PKL. Dengan demikian, penyelesaian konflik dapat menghasilkan hubungan yang win-win solution dapat mencapai perdamaian konflik sehingga mencegah terjadinya kekerasan dalam proses implementasi.


Keywords


Transformasi Konflik, Relokasi, PKL

Full Text:

PDF

References


Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Research Gate, 5(9), 1–20. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201.08804

Darojati F & Fajarwati, A. (2014). Strategi Penghidupan Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Malioboro , Kota Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia. http://lib.geo.ugm.ac.id/ojs/index.php/jbi/article/view/586

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. (2020). Kajian Jumlah Kunjungan Wisata Kota Yogykarta Tahun 2020. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, 1–183. https://pariwisata.jogjakota.go.id/resources/download/laporan-kunjungan-wisatawan-2020-75.pdf

Hamid. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. De La Macca.

Hasanuddin. (2019). Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kali Lima Pasar Tanah Abang. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (JIAM), 15(1), 59–70. https://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/jiam/article/view/543

Hasanudin, U. (2021). Terdampak Covid-19, 600 PKL Malioboro Dapat Bantuan Modal Usaha. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2021/08/27/510/1081181/terdampak-Covid-19-600-pkl-malioboro-dapat-bantuan-modal-usaha

Husna. (2020). Pasar Beringharjo Kembangkan Aplikasi Lapak Virtual, Mudahkan Pengunjung Berbelanja. https://tribunjogjatravel.tribunnews.com/2020/05/08/pasar-beringharjo-kembangkan-aplikasi-lapak-virtual-mudahkan-pengunjung-berbelanja

Jogjaaja.com. (n.d.). Pemda DIY Gratiskan Lapak PKL Malioboro yang Direlokasi. https://jogjaaja.com/read/pemda-diy-gratiskan-lapak-pkl-malioboro-yang-direlokasi

Jumali. (2021). Pedagang Kaki Lima di Malioboro Bakal Direlokasi, Ini Rencana Selanjutnya. https://semarang.bisnis.com/read/20211204/536/1473809/pedagang-kaki-lima-di-malioboro-bakal-direlokasi-ini-rencana-selanjutnya

Kabarkota.com. (2022). Rencana Relokasi PKL Malioboro, Paguyuban Pedagang mulai Bersuara. https://www.kabarkota.com/rencana-relokasi-pkl-malioboro-paguyuban-pedagang-mulai-bersuara/

Kadji, Y. (2016). Metode Penelitian Ilmu Administrasi. Yogyakarta. Deepublish.

Kumparan. (2021). Malioboro Tanpa Pedagang Kaki Lima (1): Revisi Lagu “Yogyakarta” Kla Project. https://kumparan.com/pandangan-jogja/malioboro-tanpa-pedagang-kaki-lima-1-revisi-lagu-yogyakarta-kla-project-1x2rva1pfx3/full

Lederach, J.P. (2014). The Little Book Of Conflict Transformation. Skyhorse Publishing. https://professorbellreadings.files.wordpress.com/2017/10/the-little-books-of-justice-peacebuilding-john-lederach-the-little-book-of-conflict-transformation-good-books-2014-1.pdf

Leon, Y. (2021a). Diundang Pemkot Jogja Terkait Relokasi, PKL Malioboro Merasa Dijebak. https://www.solopos.com/diundang-pemkot-jogja-terkait-relokasi-pkl-malioboro-merasa-dijebak-1204298

Leon, Y. (2021b). Pemda DIY Matangkan Persiapan Relokasi PKL Malioboro. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2021/12/20/510/1091290/pemda-diy-matangkan-persiapan-relokasi-pkl-malioboro

lokadata.beritagar.id. (n.d.). Jumlah pekerja formal dan informal, 2012-2019. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jumlah-pekerja-formal-dan-informal-2012-2019-1565591307

Miall, H. (2004). Conflict Transformation: A Multi-Dimensional Task. Transforming Ethnopolitical Conflict, 2004, 67–89. https://doi.org/10.1007/978-3-663-05642-3_4

Neuman. (2017). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.

Pahlevi. (2021). PKL Malioboro Sangat Keberatan dengan Rencana Relokasi. https://www.optika.id/2021/12/06/9587/3/

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 37 Tahun 2010 Tentang Penataan Pedagang Kaki Lima Kawasan Khusus Malioboro - A. Yani.

Prasetijo. (2009). Transformasi Konflik Bukan Resolusi Konflik. https://etnobudaya.net/2009/08/25/transformasi-konflik-bukan-resolusi-konflik/

Prasetya, M. A., & Fauziah, L. (2021). Dampak Sosial Ekonomi Relokasi Pedagang Kaki Lima di Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 4(2), 135–150. https://doi.org/10.21070/jkmp.v4i2.691

Purnomo, A. (2020). Penataan Pedagang Kaki Lima di Kawasan Malioboro Kota Yogyakarta. Ebook. http://repo.apmd.ac.id/id/eprint/1381

Ramadhan. (2022). PKL Malioboro Kaget, Mendadak Disosialisasikan Rencana Relokasi per Januari 2022. https://jogja.tribunnews.com/2021/11/26/pkl-malioboro-kaget-mendadak-disosialisasikan-rencana-relokasi-per-januari-2021

Sarjono, J. J.S. (2014). Peranan Pemerintah dalam Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima di Kecamatan Pontianak Timur. Jurnal Program Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura. http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=196187 http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=196187

Septian, E. (2021). Skema Inovatif: Transformasi Digital Badan Usaha Milik Desa dalam Pemasaran Berbasis Elektronik. Matra Pembaruan, 5(2), 89–101. https://doi.org/10.21787/mp.5.2.2021.89-101

Setiawan, S.D. (2021a). Kearifan Lokal dalam Penataan PKL Malioboro. https://republika.co.id/berita/r3t36i327/kearifan-lokal-dalam-penataan-pkl-malioboro

Setiawan, S.D. (2021b). Mengubah Malioboro Seperti Orchard Road. https://republika.co.id/berita/r3uvne327/mengubah-malioboro-seperti-orchard-road

Shaw. (2020). Conflict Management, Conflict Resolution, and Conflict Transformation: What’s the Difference? https://pollackpeacebuilding.com/blog/conflict-management-conflict-resolution-and-conflict-transformation-whats-the-difference/

Suroso, S. (2021). Strategi Pekerja Informal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Kawasan Dermaga Labuhan Haji Tahun 2021. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 5(1), 154–163. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i1.3481

Tusianti, E. (2020). Analisis isu terkini Provinsi Jawa Barat 2020. Bps, 1–82. https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=OWEzYmMzYTFmOTkwZTkxOWE2ZTA1YmFk&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMjAvMTIvMTUvOWEzYmMzYTFmOTkwZTkxOWE2ZTA1YmFkL2FuYWxpc2lzLWlzdS10ZXJraW5pLTIwMjAuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjA

Widiyanto, D. (2021). Rencana Relokasi, PKL Malioboro Pilih Ditata Tanpa Dipindah. https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/rencana-relokasi-pkl-malioboro-pilih-ditata-tanpa-dipindah/

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.

Yusuf, Y., & Trisiana, A. (2019). Metode Braistorming Tertulis: Teknik Curah Pendapat Dengan Memaksimalkan Keterlibatan Semua Peserta Dalam Pengambilan Keputusan. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 108. https://doi.org/10.33061/awpm.v3i2.3365

Zamahsari, A. (2017). Resolusi Konflik Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Pasar Tanah Abang Provinsi Dki Jakarta Conflict Resolution the Street Vendors (PKL) in Pasar Tanah Abang in Dki Jakarta Province. Jurnal Prodi Damai Dan Resolusi Konflik, 3(2), 18–34.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v8i3.9190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Visitors

 

Indexing