Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Masyarakat Pengguna Bus Rapid Transit (Brt) Maminasata

Darwis Darwis, Fatmawati Fatmawati, Nasrul Haq

Abstract


The aims of this research was to determine the correlation of service quality to the public satisfaction of using Bus Rapid Transit (BRT)Maminasata. This research used quantitative deskriptive type of observational (non-experimental) with cross section, and then analyzed with descriptive and inferential statistic. Data Analysis techniques was used by SPSS. The population amount from this sample is 561 passengers and 101 of them is passengers. The result of this research showed that the respondents receive good quality service from Damri Corporation as operator Bus Rapid Transit (BRT) Maminasata has value 75.51. The people feel very satisfied with the services of Bus Rapid Transit (BRT) Maminasata, it is showed the value 80.27. and then the result correlation test of product moment with significant value 5% showed there were strong correlation between quality service with public satisfaction of using Bus Rapid Transit (BRT) maminasata has Value 0.606.

 

Keywords: Service Quality, Public Satisfaction, and Bus Rapid Transit (BRT) Maminasata.

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat pengguna Bus Rapid Transit (BRT) Maminasata. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian observasional (non-eksperimen) dengan pendekatan cross section, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Teknik analisis data yang digunakan melalui program SPSS. Populasi daalam penelitian ini yaitu sebanyak 561 penumpang dan sampel penelitian sebanyak 101 penumpang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responden mendapat pelayanan yang berkualitas dari Perum Damri sebagai operator Bus Rapid Transit (BRT) Maminasata dengan nilai yaitu mencapai 75.51. Masyarakat merasa sangat puas atas pelayanan Bus Rpid Transit (BRT) Maminasata, hal ini terlihat dari nilai kepuasan mencapai 80.27. kemudian dari hasil uji korelasi product moment dengan signifikan 5% menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat pengguna Bus Rpid Transit (BRT) Maminasata yaitu mencapai 0.606.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, dan Bus Rpid Transit (BRT)

Maminasata.

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Amalina, Camelia Hanifah. 2010. Hubungan antara Kepuasan Konsumen dan Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Konsumen pada Ritel Modern. Skripsi S1. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2015. Sulawesi-selatan dalam Angka 2015. Sulawesi-selatan.

Dwiyanto, Agus. 2011. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dahmiri. 2014. Analisa Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan Kantor Camat Kecamatan Sarolangun. Jurnal Studi Manajemen. Vol.8, No.2 Oktober 2014. Universitas Jambi.

Fitriani, Aprillia. 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank BRI Syariah KCP Rawamangun. Skripsi S1. Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah Jakarta: Jakarta.

Fardhani, Herentama. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Semarang. Skripsi S1. Universitas Diponegoro: Semarang.

Tjiptono, F dan Gregorius, C. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Andi Offset: Yogyakarta.

Parasuraman, A. Valerie. 2001. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.

Situmeang, Poltak. 2008. Analisa Kinerja Pelayanan Angkutan Mobil Penumpang Umum Antar Kota (Studi Kasus: Angkutan Umum Trayek Medan-Tarutung). Tugas Akhir S1. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Perusahaan Umum (PERUM) DAMRI No. 31 tahun 2002 tentang Perum Damri.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik, No. 63/ KEP/ M.PAN/ 7/ 2003.

Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Jakarta: Bumi Aksara.

Wright, Lloyd. 2002. Modul 3b Angkutan Bus Cepat. TZ Verlagsgesellschaft mbH: Braunschweig 19, 64380 Roβdorf, Germany.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v3i2.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



View Visitors

 

Indexing