Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Dalam Pelayanan Publik Di Pt. Pln Rayon Mattoangin

Ridzuan Bin Rusman, Abdul Mahsyar, Abdi Abdi

Abstract


This study aimed to describe the quality of management system ISO 9001: 2008 in the public service of PT PLN (Persero) Mattoangin district. Type of this research was quantitative descriptive with 30 employees as respondents. Technique of data analysis used is descriptive statistics. The results shown that the application of the principles of ISO 9001: 2008, for PT PLN (Persero) public serviced in South Makassar area at Rayon Mattoangin in general be categorized very high.the indicator that included in the category of very higt, among others, the indicators that observed in the variablewas an indicator focus on the customer, indicators of employee involvement, process approach, approach to the management system, continual repair, factual approach to take decision, mutual relationships with suppliers.The only one category that included in high category, that is a leadership.

 

 

Keywords: quality management system, public service

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dalam pelayanan publik PT PLN (Persero) Rayon Mattoangin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan responden sebanyak 30 orang karyawan.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip SMM ISO 9001:2008. Dalam Pelayana Publik PT PLN (Persero) Area Makassar Selatan Rayon Mattoangin secara umum di kategorikan sangat  tinggi. Indikator yang dikategorikan sangat tinggi antara lain indikator fokus pada pelanggan, indikator keterlibatan karyawan, pendekatan proses, pendekatan pada sistem manajemen, perbaikan terus menerus, pendekatan faktual pada pengambilan keputusan, hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok. Hanya satu kategori tinggi, yaitu kepemimpinan.

 

Kata kunci: sistem manajemen mutu, pelayana publik


Full Text:

PDF

References


Badudu, J. S, Sutan Mohammad

Zain.2001.Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta : Edisi Revisi.

Gasperz, Vincent. 2001. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir. 2003. Bank Dan Lembaga Keuangan lainnya.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Moenir H.A.S. 2002.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Pasolong, Harbani.2007.Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta

Ratminto dan Atik Septiwinarsi. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rivai, Veithzal. 2005.Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sinambela, Lijan Potlak. 2007. Reformasi Pelayanan Publik: Teori Kebijakan dan Implementasi. Jakarta :Bumi Aksara.

Trigono. 1997. Budaya Kerja Menciptakan Iklim yang kondusif untuk

Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : PT. Golden Terayon Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v3i1.895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



 

 

______________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats
 
Flag Counter