PELAYANAN PEMERINTAH TERHADAP PEMEKARAN WILAYAH DI KABUPATEN MAMUJU TENGAH PROVINSI SULAWESI BARAT
Abstract
The purpose of this research was to know how the Government services toward the regional expansion at the Central Mamuju of West Sulawesi. The kind of this research was descriptive qualitative. This research was study case. The instruments were observation, documentation and interview. The sample were 10 informants. The result of this research showed that the regional expansion which done by the Government was success. However, the services giving were still pickup. There were somethings that still have happened such as less amount of apparatus in giving services, the official were not ready because the frequency of rotation among of them, and the infrastructure that still pickup such as less of building for the place to give the services that influence directly to the giving services for the society.
Keywords: government services, regional expansion
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan pemerintah terhadap pemekaran wilayah di Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tipe penelitian ini bersifat studi kasus Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Informan penelitian ini 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemekaran yang dilakukan pemerintah berhasil namun pemberian pelayanan masih seadanya, hal-hal yang masih terjadi yakni kurangnya jumlah aparatur dalam pemberian pelayanan, seringnya terjadi rotasi antar pegawai sehingga kurang siapnya pegawai, dan insfrastruktur yang masih seadanya seperti kurangnya gedung-gedung tempat pemberian pelayanan yang berdampak langsung pada pemberian pelayanan kepada masyarakat.
Kata Kunci : pelayanan pemerintah, pemekaran wilayah
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Said, Zainal 2002. Perpektif Baru Dalam Sistem Pengolalan Pemerintahan. Jakarta: Milenium Pess.
Batinggi. 2008. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dadang, Juliantara. 2005. Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hasibuan, Melayu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Cetakan Kesembilan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kotler. 2002 .Perinsip-Perinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Moenoir. 2000. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ndraha. 2002. Metedologi Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta.
Supranto, Johannes. 2006 Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjokroamidjojo. 2002. Revormasi Nasional Penyelenggaraan Good Governance dan Perwujudan Masyarakat Madani. Jakarta: Tampa Penerbit.
DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v2i3.886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
Indexing