STRATEGI PEMERINTAH DALAM PENINGKATAN DESTINASI MANAJEMEN ORGANISASI (DMO) PARIWISATA DI KABUPATEN TANA TORAJA
Abstract
The purpose of research is to determine the government's strategy in the improvement of
tourism in district DMO TanaToraja. Kind of research is qualitatif. Type of research is fenomenalogi’s. In data collection used interview, observation and documentation. Results of research showed that in terms of, (1) strengths, the beauty of nature , local knowledge, and culture is very original, (2) weaknesses, infarstruktur path is not optimal because there are many roads to tourism damaged, (3)opportunities an opportunity, benefit people with their sights is able to boost the economy, (4) threats, penetration of foreign cultures become an obstacle in the improvement of destination, as many tourist destinations outside that is so appealing.
keywords: Strategy, Government, Improvement of Tourism DMO
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemerintah dalam peningkatan DMO
pariwisata di KabupatenTana Toraja. Jenis penelitian adalah kualitatif. Tipe penelitian adalah fenomenalogis. Dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi (1) strengths, keindahan alam, kearifan lokal, dan budaya yang sangat orisinil, (2) weaknesses, infarstruktur jalan yang belum optimal karena masih banyak jalan menuju obyek wisata yang rusak, (3) opportunities, keuntungan masyarakat dengan adanya obyek wisata adalah dapat meningkatkan pereokonomian, (4) threats, penetrasi budaya luar menjadi kendala dalam meningkatkan destinasi, karena banyak destinasi wisataluar yang begitu menarik.
Kata Kunci : Strategi, Pemerintah, Peningkatan DMO Pariwisata
Full Text:
PDFReferences
Jones, Charles O. 1996 . Pengantar Kebijakan Publik. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Marpaung, Bahar. 2002. Pengantar Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Mustafa, Delly. 2013. Birokrasi Pemerintahan. Bandung: Alfabeta.
Ndraha, Taliziduhu. 2003. Kybernlogi. Jakarta: Rineke Cipta.
Norton, P. David. 2004. Strategi Maps Converting Intangible Assets Into Tangible Outcome. Harvard: Harvard Business School Publication Corporation.
Pendit, Nyoman S. 2002. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramitah.
Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Nasional 2010 hingga 2025.
Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pusataka Utama.
Republik Indonesia. Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
-------------------------. Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
Salusu, j. 1996. Pengambilan Strategi. Jakarta: Gramedia Widisaran.
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: Refika Aditama.
Wardhono, Fitri Indra. 2014. Kumpulan Artikel Terkait Destination Management Organization, diakses padatanggal 8 januari 2016. (http: //. Slideshare. Net /fitriwardhono/kumpulan- artikel-terkait-dmo).
DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v2i2.879
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
Indexing