Kinerja Pegawai Outsourcing Di Pt. Telkom Divre Vii Kota Makassar

Akhmad Harye Sumitra Ishak, Abd Kadir Adys, Haerana Haerana

Abstract


The purpose of this research was to explain the performance of outsourcing employees in the office of PT. Telkom Divre VII Makassar City. The informants in this research consisted of 8 people. The type of research used was phenomenology and data analysis used was a qualitative description by selecting certain people who are considered capable of providing information related to employee performance in the office PT. Telkom Divre VII Makassar City. The data collection techniques used by researchers are interview, observation, and documentation. The results of the research showed that there are five factors that become the basis for managing the performance of the outsourcing employee. The five factors are quality of work, timeliness, initiative, ability and communication in PT. Telkom as a measure of performance for all employees. Based on the results of research at the office of PT. Telkom City Access Makassar regarding employee performance is still good seen from the work of each employee based on the procedures that have been set by the company.

 

Keywords : Performance, Outsourcing Employees, PT. Telkom Divre VII Makassar.

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kinerja pegawai outsourcing di kantor PT. Telkom Divre VII Kota Makassar. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 8 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dan analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan memilih orang tertentu yang dianggap mampu memberikan informasi terkait kinerja pegawai di kantor PT. Telkom Divre VII Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat lima faktor yang menjadi dasar dalam manajemen kinerja pegawai outsourcing. Kelima faktor tersebut adalah kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan dan komunikasi yang ada di kantor PT. Telkom tersebut sebagai alat ukur kinerja seluruh pegawai yang ada terkhusus pegawai outsourcing. Berdasarkan hasil penelitian di Kantor PT. Telkom Akses Divre VII Kota Makassar mengenai kinerja pegawai masih baik di lihat dari hasil kerja setiap pegawai berdasarkan prosedur yang sudah di tetapkan oleh perusahaan.

Kata Kunci : Kinerja, Pegawai Outsourcing, PT. Telkom Divre VII Makassar



Keywords


Kinerja, Pegawai Outsourcing, PT. Telkom Divre VII Makassar

Full Text:

PDF

References


Dharma, Surya. (2009). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Khairani. 2016. Kepastian Hukum Hak Pekerja Outsourcing. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mangkunegara, A.Anwar Prabu. 2011. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Ketiga. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Manullang, M. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Bagi Pimpinan Perusahaan. Jakarta: Gajah Mada Press

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemimpinan yang Baik). Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 (pasal 64, 65, dan 66).

Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No./KEP.101/MEN/VI/2004 Tentang Tata Cara Perijinan Perusahaan Jasa Pekerja/ Buruh.

PT. Telekomukasi Indonesia, tbk, 2016. Company Profile. www.telkom.co.id. Di akses pada 24 Maret 2018




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v4i3.1643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



View Visitors

 

Indexing