Pelaksanaan Retribusi Persampahan Di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar

Kismawati Kismawati, Fatmawati Fatmawati, Jaelan Usman

Abstract


The purpose of this study was to determine the implementation of garbage retrtibution in Tamalanrea ditrict of Makassar City and the factors that influenced it. The type of research used was descriptive qualitative by using two kinds of data tose were primary data and secondary data. The data was analyzed descriptively qualitative that was analyzing all data that succed in collecting writer and showed in the from of sentence in accordance with result of interview from 11 informants which previously had been specified. Technique of collecting data using 4 indicators those were observation, interview, literature, study and document. The result of the research showed that the implementation of garbage retribution in Tamalanrea District had 4 indicators, namely

 

(1)   division of tasks those were not carried out maximally, (2) regulations were not understood yet by some people,(3) good community participation, (4) socialization which was not evenly distributed throughout the society.

 

                                                    ABSTRAK

 Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui pelaksanaan retribusi persampahan di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan dua macam data yaitu data primer dan data sekunder. Data tersebut kemudian di analisis secara deskriptif kualitatif yaitu menganalisis semua data yang berhasill di kumpulkan penulis dan selanjutnya di tampilkan dalam bentuk kalimat sesuai dengan hasil wawancara dari 11 informan yang sebelumnya telah di tentukan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan 4 indikator yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan retribusi persampahan di Kecamatan Tamalanrea terdapat 4 indikator yaitu (1) pembagian tugas yang tidak di laksanakan dengan maksimal, (2) peraturan yang belum di pahami oleh sebagian masyarakat, (3) partisipasi masyarakat sudah baik, (4) sosialisasi yang tidak merata di seluruh lapisan masyarakat.

 

Kata kunci: pelaksanaan, retribusi persampahan.


Keywords


Impementation, Garbage, Retribution

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintah

Daerah. Yogyakarta: PenerbitGraha Ilmu

Hanifah Harsono, 2002, Implementasi Kebijakan dan Politik, Jakarta, Rineka Cipta.Nurdin Usman. 2002. Konteks

Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada

Muninjaya, A. A. Gde. 2004. Manajemen Kesehatan.

Jakarta: EGC

Mardiasmo, 2009, Perpajakan. Edisi Revisi 2009. Yogyakarta:

Penerbit Andi.

Hasibuan, Malayu S.P. 2003, Manajemen Sumber Daya

Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Manik, K.E.S, 2003. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Djambatan. Jakarta

IsbandiRukminto Adi. 2007. PerencanaanPartisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. Depok:FISIP UI Press.

MalayuS.P. Hasibuan, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumiaksara.

Soejanto, Agoes. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung.Penerbit : PT Remaja Rosdakarya.

Siahaan Pahala Marihot.2010. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah,Edisi revisi, Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Susilawati, S., Mappamiring, H. M. H., & Said, A. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Bira Sebagai Sumber Unggulan Pendapatan Asli Di Daerah kabupaten Bulukumba. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 2(3), 351-366.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v4i2.1451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



 

 

______________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats
 
Flag Counter