PELAYANAN ADMINISTRASI PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN SINJAI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan administrasi pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Dinas SAMSAT Kabupaten Sinjai dilihat dari 1) Aspek Tangible meliputi sarana prasarana; kenyamanan tempat layanan; kemudahan proses layanan; dan penampilan petugas sesuai dengan harapan masyarakat atau wajib pajak, 2) aspek reliability meliputi kemampuan dan keahlian petugas dalam menggunakan alat bantu; ketepatan waktu; dan tanggung jawab petugas dalam proses pelayanan sesuai dengan harapan pelanggan, 3) aspek responsivitas meliputi respon terhadap setiap pelanggan; petugas melakukan layanan dengan cepat; petugas melakukannya dengan benar; dan mampu menangani pengaduan dalam prosesnya, 4) aspek assurance meliputi jaminan kemudahan prosedur; biaya; dan waktunya sesuai dengan aturan yang ditentukan, 5) aspek empati meliputi melayani petugas dengan sikap ramah; petugas melayani dengan sopan; dan petugas yang tidak diskriminatif (discriminating) dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan wajib pajak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
_____
Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar
Jalan Sultan Alauddin Nomor 259
Kota Makassar - Sulawesi Selatan