PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) DI PROGRAM STUDI PGMI IAIN PALAGKARAYA
Abstract
Perguruan Tinggi di Indonesia sudah mengimplementasikan program MBKM diawali dengan menyusun dokumen kurikulum yang disesuaikan dengan pedoman MBKM yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pengembangan kurikulum menjadi kampus merdeka dan merdeka belajar sejatinya didasari pertimbangan aspek pendidikan tinggi dan globalisasi. Dengan berubahnya kurikulum di perguruan tinggi pastinya ada problem-problem yang harus dihadapi. Maka dari itu, Apabila setiap kendala dari berbagai sudut pandang berpotensi untuk di atasi atau di cegah, maka pelaksanaan program MBKM akan berjalan dengan lancar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengujian keabsahan data melalui triangulasi dengan analisis data pada penelitian ini terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun kesimpulan ari penelitian ini adalah problematika yang dihadapi IAIN Palangkaraya dalam pengimplementasian MBKM adalah 1) perubahan struktur kurikulum, 2) Program Studi Kesulitan Menyesuaikan Beban Mata kuliah Dengan Perguruan Tinggi Mitra, 3) kesulitan menemukan mitra untuk bekerja sama, 4) Sistem Yang Masih Belum Sepenuhnya Menunjang Program MBKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1). Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/591
Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). KENDALA IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI PERGURUAN TINGGI. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865
Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 62. https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474
Dasrimin, H. (2021). KAMPUS MERDEKA DI TENGAH PANDEMI COVID-19: ANTARA PELUANG DAN TANTANGAN. Indonesian Journal of Education and Learning, 5. https://doi.org/10.31002/ijel.v5i1.4116
Diswanti, N., Istirahayu, L., & Taufiq, A. (2022). POLITIK PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN ISU PENYELENGGARAAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2). Retrieved from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/7113/3871
Hasim. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from Http://Ejurnal.Pps.Ung.Ac.Id/Index.Php/Psi/Article/View/403
Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1).
Mustaghfiroh. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran. Retrieved from Https://Www.E-Journal.My.Id/Jsgp/Article/View/248
Panjaitan, M., Rini, A. D., & Agusalim, L. (2022). PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS TRILOGI TERHADAP PROGRAM BELAJAR MERDEKA KAMPUS MERDEKA (MBKM). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2).
Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka FISIP UPN Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2).
Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2).
Salim. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Jounal of Islamic Education, 1(1). Retrieved from http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/13
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1).
Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: ALFABETA.
Suryani, L., Mbagho, H. M., & Mei, A. (2022). Respon Mahasiswa Proram Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores pada Program MBKM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).
Susetyo, S. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra. Retrieved from Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Index.Php/Semiba/Article/View/13358
Wati, C. N., Sukestiyarno, Y., Sugiharto, D., & Pramono, S. E. (2022). Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Yusuf, M. A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.9810
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.