UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF DI SD NEGERI 3 TANGKILING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akon, Mashudi, & Thomas, Y. (2015). Pengaruh Penghasilan dan Motivasi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran: Khatulistiwa, 4(4), 1–10.
Appulembang, Y. A. (2017). Norma Kreativitas Menggunakan Torrance Test of Creativity Thinking untuk Usia 6-12 Tahun. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 41–57.
Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan The Education Character in Education World. Literasi, 4(1), 46.
Dakir. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 75–86.
Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Elementary Education Journal) ISSN (Online, 2(2), 49–63. Retrieved from https://e-journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/educator/article/view/416
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Ishak, M., Syahidin, & Anwar, S. (2016). Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar PAI. Tarbawy, 3(2), 120–131.
Kau, M. A. (2017). Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 157–166. Malang.
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74.
Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 3(1), 87. Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1330307
Lubis, R. F. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Kreatifitas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1–30.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mariadi, M., Surawan, S., & Monalisa, M. (2022). Analisis Pemberdayaan Potensi Siswa Melalui Model Self Directed Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Annaba’ STIT Muhammadiyah Paciran, 8(2), 305–320.
Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Mazrur, M., Surawan, S., & Yuliani, Y. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 281–287.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja.
Nur’asiah. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 212–217.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Mapen: Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.
Pambudi, R. S. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Kreatif si Doel. Universitas Negeri Yogyakarta.
R, D. M., & Rahayu, R. F. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembalajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 18–35.
Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Caremedia Communication.
Sahlan, A., & Prastyo, A. T. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Saputra, T. (2013). Pendidikan Karakter pada Anak Usia 6-12 Tahun. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 242–255.
Surawan, & Athaillah, M. (2021). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Surawan, S., Syabrina, M., El Bilad, C. Z., & Azmy, A. (2022). Implementation of Character Education at Madrasahs and Integrated Islamic Schools in Central Kalimantan. Ta’dib, 25(1), 19–26. https://doi.org/10.31958/jt.v25i1.5333
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Syabrina, M. (2017). Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Melalui Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Karakter. Madrasah, 10(1), 09. https://doi.org/10.18860/madrasah.v10i1.5093
Syabrus, H. (2015). Kesiapan dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 24–30. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/8919/kesiapan-dalam-pelaksanaan-proses-belajar-mengajar-sekolah-menengah-kejuruan-kot
Tabi’in, A. (2017). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 156–171. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).629
Widyanto, E. A., & Wulaningrum, R. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik (Studi Empiris pada Mahasiswa jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda). SNITT: Politeknik Negeri Balikpapan, 66–81.
Wote, A. Y. V., & Sabarua, J. O. (2020). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar di Kelas. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.51135/kambotivol1iss1pp1-12
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter. Depok: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.9025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.