UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF DI SD NEGERI 3 TANGKILING

Monalisa Monalisa, Hamidah Hamidah, Surawan Surawan

Abstract


Saat ini Indonesia telah memasuki Revolusi Industri 4.0 di mana teknologi berkembang sangat pesat ditandai dengan adanya istilah internet of things. Seiring perkembangan tersebut maka sumber daya manusia tentunya dituntut untuk semakin kreatif. Penelitian ini memaparkan tentang upaya guru pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter kreatif pada siswa dengan tujuan agar dapat diketahui upaya yang tepat untuk membentuk karakter kreatif pada siswa di tingkat sekolah dasar, khususnya SD Negeri 3 Tangkiling. Dengan diketahui upaya yang tepat, maka secara tidak langsung sekolah mempersiapkan generasi emas yang mampu menghadapi segala perubahan zaman di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter kreatif pada siswa, yaitu dengan mengikuti pelatihan kompetensi guru, menyusun perencanaan pembelajaran, membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberikan motivasi, dan mengadakan evaluasi pembelajaran.Kata Kunci: Upaya; Guru Pendidikan Agama Isam; Membentuk Karakter Kreatif Currently, Indonesia has entered the Industrial Revolution 4.0 where technology is developing very rapidly marked by the term internet of things. Along with these developments, human resources are certainly required to be more creative. This study describes the efforts of Islamic religious education teachers in forming creative characters in students with the aim of knowing the right efforts to form creative characters in students at the elementary school level, especially SD Negeri 3 Tangkiling. By knowing the right efforts, the school indirectly prepares a golden generation that is able to face all the changing times in the future. This study uses a descriptive type of qualitative approach. Data were collected through in-depth interview, observation, and documentation techniques. Analysis of the data used in the form of data collection, data reduction, data display, and conclusion. The results showed that the efforts made by Islamic Religious Education teachers in forming creative characters in students, namely by participating in teacher competency training, preparing lesson plans, creating a pleasant learning atmosphere, providing motivation, and conducting learning evaluations.Keywords: Effort; Islamic Religious Education Teacher; Creating Creative Characters    

Keywords


Upaya; Guru Pendidikan Agama Isam; Membentuk Karakter Kreatif

Full Text:

PDF

References


Akon, Mashudi, & Thomas, Y. (2015). Pengaruh Penghasilan dan Motivasi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran: Khatulistiwa, 4(4), 1–10.

Appulembang, Y. A. (2017). Norma Kreativitas Menggunakan Torrance Test of Creativity Thinking untuk Usia 6-12 Tahun. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 41–57.

Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan The Education Character in Education World. Literasi, 4(1), 46.

Dakir. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 75–86.

Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Elementary Education Journal) ISSN (Online, 2(2), 49–63. Retrieved from https://e-journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/educator/article/view/416

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Ishak, M., Syahidin, & Anwar, S. (2016). Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar PAI. Tarbawy, 3(2), 120–131.

Kau, M. A. (2017). Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 157–166. Malang.

Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74.

Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 3(1), 87. Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1330307

Lubis, R. F. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Kreatifitas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1–30.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mariadi, M., Surawan, S., & Monalisa, M. (2022). Analisis Pemberdayaan Potensi Siswa Melalui Model Self Directed Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Annaba’ STIT Muhammadiyah Paciran, 8(2), 305–320.

Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859

Mazrur, M., Surawan, S., & Yuliani, Y. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 281–287.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja.

Nur’asiah. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 212–217.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Mapen: Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.

Pambudi, R. S. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Kreatif si Doel. Universitas Negeri Yogyakarta.

R, D. M., & Rahayu, R. F. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembalajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 18–35.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Caremedia Communication.

Sahlan, A., & Prastyo, A. T. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Saputra, T. (2013). Pendidikan Karakter pada Anak Usia 6-12 Tahun. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 242–255.

Surawan, & Athaillah, M. (2021). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Surawan, S., Syabrina, M., El Bilad, C. Z., & Azmy, A. (2022). Implementation of Character Education at Madrasahs and Integrated Islamic Schools in Central Kalimantan. Ta’dib, 25(1), 19–26. https://doi.org/10.31958/jt.v25i1.5333

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Syabrina, M. (2017). Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Melalui Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Karakter. Madrasah, 10(1), 09. https://doi.org/10.18860/madrasah.v10i1.5093

Syabrus, H. (2015). Kesiapan dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 24–30. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/8919/kesiapan-dalam-pelaksanaan-proses-belajar-mengajar-sekolah-menengah-kejuruan-kot

Tabi’in, A. (2017). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 156–171. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).629

Widyanto, E. A., & Wulaningrum, R. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik (Studi Empiris pada Mahasiswa jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda). SNITT: Politeknik Negeri Balikpapan, 66–81.

Wote, A. Y. V., & Sabarua, J. O. (2020). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar di Kelas. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.51135/kambotivol1iss1pp1-12

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter. Depok: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.9025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.