HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DAN ACADEMIC ACHIEVEMENT PESERTA DIDIK: PENGEMBANGAN DIMENSI METAKOGNISI

Fidrayani Fidrayani, Septianada Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran yang diatur sendiri dengan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Dalam pemilihan sampel, penelitian ini menggunakan teknik quota sampling dengan total sampel 50 responden siswa yang terdiri dari 28 anak laki-laki dan 22 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi semester I. Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan korelasi momen produk dan menunjukkan hasil positif, yang berarti ada hubungan searah antara pembelajaran yang diatur sendiri dan prestasi akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r yang dihitung > tabel r adalah 0,355 > 0,279 dengan tingkat signifikasi <0,05 yang sebesar 0,012 dan nilai koefisien determinan sebesar 12,60%. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pembelajaran yang diatur sendiri dan prestasi akademik siswa. Implikasi yang disarankan oleh para peneliti dengan meningkatkan motivasi diri sebagai bagian dari pembelajaran yang diatur sendiri.


Keywords


self-regulated learning, academic achievement, metacognition, primary school

Full Text:

PDF

References


Afriani, I. H. (2021). Educational Pschology Understanding Child Development. Triple Nine Communication Press.

Husna, T. A., Mayangsari, M. D., & Rachmah, D. N. (2018). Peranan Kecerdasan Spiritual Terhadap Regulasi Diri Martapura. Jurnal Ecopsy, 5(1), 51–55.

Lesmanawati, Y., Rahayu, W., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 593–603. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.400

Saefuddin, A., Rukajat, A., & Herdiana, Y. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Pendidikan, 10(1), 7–17. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i1.1266

Sukowati, S., Sartono, E. K. E., & Pradewi, G. I. (2020). The effect of self-regulated learning strategies on the primary school students’ independent learning skill. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 81. https://doi.org/10.33292/petier.v2i2.44

Taylor, C. S. (2013). Validity and Validation. Oxford University Press.

Triyanti, A., & Rozali, Y. A. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Self Regulated Learning Pada Siswa MTS Kelas VII Jakarta Barat. 1(1), 49–58.

Utari, A., Senen, S. H., & Rasto. (2018). Pengaruh Self Regulated Learning (SRL) terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1), 8–14.

Yuzarion, Y. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 107–117. https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p107

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2), 31.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.8997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.