INOVASI PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Mega Prasrihamni, Arita Marini, Maratun Nafiah, Nora Surmilasari

Abstract


Perubahan inovasi pendidikan berlangsung secara terus menurus seiring dengan perubahan zaman. Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan ke arah yang lebih baik. Perkembangan pendidikan di era modern harus menjadi perhatian bagi seluruh pelaku pendidikan, dalam konteks kajian yang berkaitan dengan inovasi pendidikan di era digital. Kota Palembang merupakan salah satu wilayah yang juga terdampak  atau bersinggungan dengan era digital, terutama pada jenjang pendidikan di tingkat SD. Tujuan penelitian untuk menganalisis konsep mengenai inovasi pada bidang pendidikan yang berkaitan dengan aspek perubahan sosial, namun garis besarnya dalam menerapkan inovasi pendidikan terdapat aspek utama yang menjadi perhatian, yaitu: guru, siswa, dan fasilitas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan informan pelaku pendidikan di Kota Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan aspek utama yang menjadi perhatian, yaitu: guru, siswa, dan fasilitas. Dari ketiga aspek tersebut penting untuk dilaksanakan sebuah upaya adaptasi serta dengan menyesuaikan sesuai dengan kondisi dan perkembangan zaman. Salah satu hal yang harus menjadi perhatian utama yaitu pada sisi fasilitas, tentunya setiap perubahan atau perkembangan zaman juga menjadikan sebuah model pembelajaran atau tata pelaksanaannya akan mengalami perubahan. Proses adaptasi inilah yang menjadi penting dan keharusan, khususnya pada penyesuaian fasilitas pembelajaran untuk selalu berbenah agar lebih baik kedepannya

Keywords


Inovasi, Pendidikan, Era Digital

Full Text:

PDF

References


Astawa, I.N.T. (2017). Memahami peran masyarakat dan pemerintah dalam kemajuan mutu pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 197-205. Retrieved from http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/200/167

Azis, T.N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference On Islamic Education And Social Science, 1(2), 308-318. Retrieved from http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512/459

Dacholfany, M.I. (2016). Peranan pengambilan keputusan dalam rangka menciptakan inovasi di bidang pendidikan. Jurnal Dewantara, 1(01), 16-28. Retrieved from https://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/manajemen-mutu-pendidikan-perguruan-tinggi-keagamaan-islam-dalam-meningkatkan-kualitas-mahasiswa/3

Gumanti, R.W. (2020) Inovasi Pendidikan Dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(4), 264-279. Retrieved form http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/47/88

Hasan, M. (2015). Inovasi dan modernisasi pendidikan pondok Pesantren. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 23(2), 295-305. Retrieved from http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/karsa/article/view/728

Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 119-125. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/294855-peranan-kepala-sekolah-dalam-meningkatka-aa71082f.pdf

Mansyur, U. (2016). Inovasi pembelajaran bahasa indonesia melalui pendekatan proses. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 90-163. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/index.php/retorika/article/view/3806

Puspitasari, E. (2014). Inovasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1), 25-40. Retrieved from https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/324/285

Robiyono, Arafat, Y., & Setiawan, A.A. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 582-593. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/989

Saumi, N.N., Murtono, & Ismaya E.A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149-155. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/892/565

Simatupang, A. (2020). Digitalisasi dan Internasionalisasi Pendidikan Tinggi dalam Pembentukan Society 5.0 dan Industri 5.0. In: Bunga Rampai Karya Ilmiah Dosen “Digitalisasi dan Internasionalisasi Menuju APT Unggul dan UKI Hebat” Dies Natalis ke 67 Universitas Kristen Indonesia. UKI Press, Jakarta, 215-226. Retrieved from http://repository.uki.ac.id/3878/1/DIGITALISASIDANINTERNASIONALISASI.pdf

Sun’iyah, S.L. (2020). Sinergi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran PAI Tingkat Pendidikan Dasar Di Era Pandemi Covid-19. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 1-16. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2073/1394

Rahmawati, A., & Sujono, F.K. (2021). Komunikasi Digital Melalui Online Learning di Indonesia : Tantangan dan Peluang. Jurnal ASPIKOM, 6(1), 61-76. Retrieved from https://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/815/245

Ulansari, L.U., Hayat, A., & Anggraeni, N.L.V. (2015) Inovasi Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Kejuruan (Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 3 Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3(11), 1851-1856. Retrieved from http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1057




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.