KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN STEAM PADA RPP TEMATIK SD

maharani putri kumalasani, Dian Ika Kusumaningtyas

Abstract


Seiring perkembangan zaman, pada bidang pendidikan harus mengalami peningkatan kualitas agar peserta didik dapat memiliki kemampuan yang diharapkan pada abad 21. Menjawab tuntutan zaman tersebut, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penerapan ketrampilan abad 21 yang terdapat pada model-model pembelajaran yang menggunakan pendekatan STEAM di RPP tematik.   Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendeskripsikan terkait penyusunan RPP menggunakan pendekatan STEAM yang diintegrasikan melalui model pembelajaran. Adapun bagian yang dianalisis adalah keterampilan abad 21 yang diciptakan dalam model pembelajaran berpendekatan STEAM pada RPP.Untuk dapat melatih peserta didik agar mereka dapat bersaing dikancah global, maka dibutuhkan keterampilan yang harus mereka miliki. Keterampilan yang harus dimiliki ialah keterampilan abad 21 yang biasa disebut dengan 4C Critical Thinking, Collaboration, Communication, dan Creative Thingking. Keterampilan ini dapat dimiliki oleh peserta didik tentunya dengan membiasakan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran tentu tidak terlepas dari perencanaan yang dibuat oleh guru yang dituangkan dalam RPP. RPP yang dapat membiasakan peserta didik juga harus dirancang dengan baik, seperti pemilihan model pembelajaran beserta pendekatan yang digunakan. Agar peserta didik memiliki keterampilan abad 21 ini, maka diperlukan pendekatan yang dapat melatih mereka untuk belajar yang lebih bermakna. Pendekatan STEAM merupakan salah satu dari pendekatan yang dapat dikolaborasikan dengan model pembelajaran. Sesuai dengan hasil penelitian pada RPP yang menggunakan model pembelajaran berpendekatan STEAM menunjukkan bahwa keterampilan abad 21 yang muncul memiliki prosentase yang berbeda. Critical Thinking 40%, Collaboration, 21% Communication 17%, dan Creative Thingking 22%.


Keywords


Abad 21, 4C, STEAM

Full Text:

PDF

References


Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.

Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017). Developing 21st century skills in chemistry classrooms: Opportunities and challenges of STEAM integration. AIP Conference Proceedings, 1868 (1), 30008. AIP Publishing LLC.

Johnson, E.B. (2009). Contextual Teaching And Learning. (Edisi Terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: MLC.

Kurnia, R. (2009). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Cendekia Insane: pekan baru.

Lina, S., Alrahmat, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 Di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439-444

Nugraha, D. (2019). Potensi Kebudayaan Lokal Bali Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Pada Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Inovasi Dalam …, 1169–1176. https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/231

Permanasari, A. (2016). STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3, 23–34.

Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2667

Rahmawati, Yeni dan Kurniati, Euis (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas. Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana. Sofia

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,13(1), 2239–2253.Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/17824/8934.

Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). Pembelajaran Ipa Sd Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills ) Menjawab Tuntutan Pembelajaran Di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 1(4), 246– 311.

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Wilson. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,. FKIP UNSRI: Pekan Baru,

Yakman, G., & Lee, H. (2012). Exploring the Exemplary STEAM Education in the U.S. as a Practical Educational Framework for Korea. Journal of The Korean Association For Science Education, 32(6), 1072–1086. https://doi.org/10.14697/jkase.2012.32.6.1076

Wijaya, A.D, & Nila, K.(2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engin eering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia. Proseding Seminar Nasional Fisikan dan Aplikasinya, Balai Sawala Unpad Padjajaran

Zohar,A. (2004). Higher Order Thinking in Science Classroom: Student’s Learning and Teacher’s Professional Development. Science & Tehnology Educational Library. Volume 22. Dorcherect: Kluwer/

Zubaidah, Siti. 2019. STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) : Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. September 2019. https://www.researchgate.net/publication/336065211.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.