PENGEMBANGAN APLIKASI “CERMIN” UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI SEKOLAH DASAR KELAS V

Ani Nur Aeni, Zahra Diffa Aprilia, Dede Yeni Suhartini, Rofikoh Sulistiani

Abstract


Pada era digital seperti saat ini, pengembangan media pembelajaran mulai merambah pada aplikasi-aplikasi digital berbasis Android. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat memberikan keterampilan ICT (Information, Communication, and Techcnology) kepada siswa dalam rangka menghadapi perkembangan zaman. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan aplikasi berbasis Android bernama Cermin untuk menanamkan pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain Design & Development (D&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi ahli dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Produk diuji cobakan di salah satu sekolah dasar yang berada di Kecamatan Kota Kaler, Sumedang Utara, Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Cermin dikategorikan sangat layak sebagai media pembelajaran untuk menanamkan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar.


Keywords


aplikasi Android; pendidikan karakter; perspektif Islam; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Aksara.

Ellis, T.J. & Levy, Y. (2010). A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods. Prosiding Informing Science and IT Education Conference (InSITE) (Vol. 10, No. 10, hlm. 107-117).

Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362.

Gunawan, A.E. (2022). Perancangan Media Interaktif tentang Kejujuran untuk Anak Usia 9-12 Tahun. (Skripsi). Sekolah Sarjana, Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang.

Haryanto, H. (2021). Konsep Pendidikan Adab dalam Kitab Al-Jâmi’ Al-Sahih Karya Imam Al-Tirmizî dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 42. https://doi.org/10.32832/tawazun.v14i1.4009.

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77-102.

Jan-jun, E. (2021). Implementasi Pendidikan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah. Al-Kahfil: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 55–78.

Kaniawati, M. & Abidin, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pocket Book dalam Pengenalan Huruf Siswa Kelas I Sekolah Dasar: Pengembangan Media AR. Journal Of Multiliteracies, 1(2), 77-87.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia. Ta’dib, 18(1), 13–25. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/274.

Kusumastuti, A. & Khoiron, A.M. (2019) Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Nasiruddin, N. (2018). Pembentukan Karakter Anak melalui Keteladanan Orang Tua. Jurnal Kependidikan, 6(2), 232–333. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1933.

Rokhmatin, U. (2018). Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam. Kementrian Agama UIN Jakarta FITK, 14(1), 202–204.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277-286.

Werdiningsih, W. (2018). Pengembangan Nilai Karakter Siswa dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Kurikulum 2013. Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), 283. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.1123.

Widiastika A. M., Hendracipta, N., & A Syachruroji, A. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada konsep sistem peredaran darah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47-64.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.