PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NGLENCONG KECAMATAN SINE

Della Alfiani, Djoko Hari Supriyanto, Widya Trio Pangestu

Abstract


Pendidikan dapat meningkatkan kualitas hidup manusia yang bertujuan merubah perilaku menjadi lebih baik. Pembelajaran PKn sebagian siswa menilai bahwa pembelajaran tersebut kurang menarik, membosankan dan merasa malas saat melaksanakan pembelajaran. Sehingga dalam pembelajaran ini memerlukan keaktifan dan pengalaman langsung bagi seorang siswa dalam kegiatan belajar. Pelaksanaan pembelajaran PKn pendidik dapat memanfaatkan lingkungan sekitar salah satunya dengan metode karyawisata dengan memanfaatkan taman desa sine. Pemanfaatan karyawisata di taman tersebut, diharapkan siswa dapat mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan secara bijak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan tipe One group pretest posttest design. Awal pemberian pretest dari 27 siswa dengan nilai rata-rata 57.2 setelah diadakan perlakuan dan diuji kembali dengan nilai rata-rata 81.8.  Pemberian perlakuan dilakukan secara langsung dan diberikan tes. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan sig. 0.00, Jika  t  Hitung   >  t  Tabel   maka berarti, H 0  ditolak dan H 1  di terima. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV MI Muhammadiyah Nglencong.


Keywords


Karyawisata; Hasil Belajar; Kreatifitas

Full Text:

PDF

References


Agustin, M., & Puspita, R. D. (2020). Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1671

Agustina, D. A., Supriyanto, D. H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Quantum, P., & Pendahuluan, I. (2018). Upaya Mempersiapkan Calon Pendidik. 188–205.

Amin, N. M. (2020). Implementasi Metode Karyawisata Sebagai Pembelajaran Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar. Journal Bimbingan Konseling Dan Dakwah, 1(2), 1–8. http://jurnal.iairm-ngabar.com/index.php/taqorrub/article/view/65/43

Bola, Y. N. (2020). Pengaruh Penerepan Metode Karyawisata Terhadap Pembelajaran Sosiologi. SocioEdu: Sociological Education, 1(1), 20–26.

Dartini, E. (2017). PENGGUNAAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN KABUPATEN/KOTA. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 43–49.

Desi Maria El Puang, & Floyani Suprianti Weka. (2022). PENGARUH PENERAPAN METODE KARYA WISATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV SDK ONA TAHUN AJARAN 2021/2022 Desi. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 07.

Diantama, S., & Budiarti, E. P. (2020). MODEL PEMBELAJARAN KARYAWISATA DALAM MANINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 38–52.

Dinyanti, S. (2021). Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.

Farhan, A., Martha, I. N., & Putrayasa, I. B. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode Karyawisata Kelas X Ipa 1 Man 1 Buleleng. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20615

Jafar, F. S., & Arifin, F.-. (2018). Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Kemampuan Berbahasa Ekspresif (Berbicara) Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Darul Falah Ponpes Samarinda Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 62–75. https://doi.org/10.24903/jw.v3i1.230

Jumiati. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Muallimuna, 2(2), 19–27.

Kalsum, S., & Suryanti, D. S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata terhadap Aspek Perkembangan Nilai Moral Anak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 28. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8108

Khairuddin, & Syahriza, P. (2021). Penerapan Metode Karyawisata sebagai Upaya Menumbuhkan Interaksi Sosial pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak. Journal of Islamic Education Studies, 1, 164–172.

Nashruddin, M. D., & Damayanti, M. I. (2016). Penerapan Metode Karya Wisata untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 01(02), 1–8.

Nurmaliah, N., Ilyas, S., & Apriana, E. (2018). Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 23. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.231

Rachman, T. (2018). PENGARUH PENERAPAN METODE KARYAWISATA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM TERHADAP PROSES BELAJAR. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Riyanto, A., Budi, H. S., & Triyono. (2018). PENGUNAAN METODE KARYAWISATA DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMURARUM. PGSD FKIP UNS.

Runa, I. M. (2020). Penggunaan Metode Karya Wisata Dalam Pembelajaran Bermain Sambil Belajar Dan Metode Bercerita Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Tematik – Pkn. Jurnal Pendidikan, 07(1), 83–94.

Saputra, Y. H., & Ganes, G. (2018). PENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jpgsd, Volume 02, 1–10.

Siti, A., Rahayu, A., Jamaludin, G. M., & Majalengka, U. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Peningkatan Kemampuan Sains Di Ra Az-Zahra. Ri’ayatulathfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–6.

Sulastri, A., Millah, S., & Hanifunni’am, F. F. (2020). Penerapan Metode Karyawisata Sebagai Upaya Peningkatan Fisik Motorik Anak. … : Jurnal Pendidikan Islam Anak …, 4(2), 13–26. https://riset-iaid.net/index.php/TA/article/view/452

Supriyanto, D. H., & Ngawi, S. M. (2017). PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION KELAS IV DI SDN siswa- siswi di SDN Tambakromo 2 . Siswa memandang pelajaran tersebut sebagai ilmu. 3, 29–40.

Tika Oktaviana, D. (2018). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 36–42.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.