ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SDN MANGUNJIWAN 1 DEMAK

ISNA AMALIYA, Irfai Fathurohman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematika, gaya belajar, serta pengaruh keduanya dalam kegiatan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN Mangunjiwan 1 Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes kemampuan literasi matematika, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, meliputi analisis tes gaya belajar dan tes kemampuan literasi matematika dengan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data berdasarkan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) gaya belajar pada siswa kelas IV SDN Mangunjiwan 1 terdiri atas 8 siswa dengan gaya belajar visual, 5 siswa dengan gaya belajar audio, dan 4 siswa dengan gaya belajar kinestetik. 2) level tertinggi (Advanced Benchmark) kemampuan literasi matematika siswa kelas IV SDN Mangunjiwan 1 Demak dicapai oleh siswa dengan gaya belajar audio. 3) siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan hasil yang lebih rendah dari pada siswa dengan gaya belajar audio. Rerata siswa dengan gaya belajar visual mampu menyelesaikan tipe soal level tinggi (High Benchmark) dan menengah (Intermediate Benchmark), sedangkan rerata siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menyelesaikan tipe soal menengah (Intermediate Benchmark) dan rendah (Low Benchmark). Karakteristik siswa dalam gaya belajar akan mempengaruhi kemampuan siswa dalam literasi matematika.


Keywords


Literasi matematika, gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Deporter, B., & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Drummond, M. J. (2003). Assessing Children Learning. London: David Fulton Publishers

Genc, M. & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 7 (3), hlm. 222–237.

Jamulia, J. (2018). Identifying students learning style preferences at IAIN ternate. International Journal of Education, 10 (2), hlm. 121–129.

Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi Matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. Aksioma, 8(2), hlm. 33–42.

Mahdiansyah & Rahmawati. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4), hlm. 452–469.

Masfufah, R. & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Journal Pendidikan Matematika, 10 (2), hlm. 291–300.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Boston College: TIMSS & PIRLS International Study Centre.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Report.

Prastyo, H. 2020. Kemampuan matematika siswa Indonesia berdasarkan TIMMS. Jurnal Paedagogik, 3 (2), hlm. 111–117.

Salsabilla, I., Hidayati, Y. M. (2021). Kemampuan literasi matematika siswa kelas V dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), hlm. 92–107.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahab, I., & Nuraeni. (2020). The analysis of students’ learning style. Scope of English Language Teaching, Literature and Linguistics, 3(1), hlm. 41–46.

Windayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Jurnal Erudio, 2 (1), hlm. 2302-9021.

Wulan, Nurul. (2021). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif (Studi kasus pada siswa kelas VI SD Inpres Nipa-Nipa). (Tesis). Program Pascasarjana, Universitas Muhamadiyah Makasar, Makasar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.