PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMP

Andi Adam

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII B2 SMP Unismuh Makassar dengan beberapa indikator capaian pengaruh yakni: hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 dengan satuan eksperimen adalah kelas VII B2 sebanyak 25 siswa yang terdiri dari laki-laki. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis visual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII B2 SMP Unismuh Makassar.

Jenis penelitian ini menggunakan pre eksperimen, instrumen penelitia yang digunakan adalah tes belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) skor rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum diterapkan media pembelajaran berbasisi visual adalah 52,60 dan berada pada kategori rendah. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 25 siswa kelas VII B2 SMP Unismuh Makassar yang mengisi lembar tes, siswa yang memperoleh nilai terendah sebanyak 1 siswa dengan nilai 30 dan nilai tertinggi 75 sebanyak 2 siswa, sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran berbasis visual adalah 73,20 dimana nilai terendah adalah 60 dengan 2 siswa dan nilai tertinggi 85 dengan 4 siswa. (2) aktivitas siswa berada pada kategori baik yakni rata-rata 57% bersikap baik. (3) angket respon siswa menunjukan bahwa respon siswa terhadap mendia pembelajaran berbasisi visual memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar sangat dibutuhkan sebuah media pembelajaran berbasis visual dalam fasilitas penunjang pembelajaran pada siswa kelas VII B2 SMP Unismuh Makassar berpengaruh terhadap hasil pembelajaran Bahasa Indonesia.


Keywords


Media pembelajaran berbasis visual, Hasil belajar Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abdul, Ghofur. 2012. Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung. PT. Refrika Aditama.

Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azhar, Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Rev. ed.. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Boby, Agus Yusmiono. 2018. Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 5(1): 1-8

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Della, Sari. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajr Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca. 2(2): 74-76

Dimyati, dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembalajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

------------------------------. 2015. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran:Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional. Jakarta: Secretariat Negara.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rima wati, Ega. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Rini, S Lentina. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

----------. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

----------. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, Della. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Slameto. 2010. Belajar dan Fakotr-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.