NILAI PEDULI SOSIAL PADA FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA
Siti Ulin Nuha, Erik Aditia Ismaya, Much Arsyad Fardani
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara yang terdapat di Youtube. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis isi yang dikemukakan Krippendorf. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti meliputi teknik dokumentasi dengan mengumpulkan sumber yang relevan dan kemudian dianalisis menggunakan kartu data. Peneliti mengambil 5 episode kompilasi dari animasi Nussa dan Rara yang meliputi episode “Alhamdulillah Terkabul”, “Toleransi”, “Nussa Bisa”, “Tetanggaku Hebat”, dan “Merdeka”. Hasil penelitian menunjukkan pada animasi Nussa dan Rara di Youtube terdapat nilai pendidikan karakter peduli sosial yang mendominasi pada setiap episode. Hampir semua episode ditemukan nilai pendidikan karakter peduli sosial seperti, memberikan nasehat kepada teman yang salah, memberikan bantuan berupa selimut dan pakaian kepada teman yang membutuhkan, peduli akan keselamatan dan kelengkapan anak, membantu menyeberangi jalan, membantu membawakan belanjaan, dan membantu teman yang terjatuh saat lomba.
Keywords
nilai, peduli sosial, film animasi
References
Aeni, Ani Nur. 2014. Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 1 (1), 50-58.
Ashifana, Zuan. 2019. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi “Bilal: A New Breed Of Hero”. Universitas Islam Negeri Maulana Malik.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tabi’in. 2014. Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Jurnal Ijtimaiya, 1 (1).
DOI:
https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.