PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PANGGUNG BONEKA 3 DIMENSI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Widia Ayu Yustanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Rina Yuliana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Sundawati Tisnasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.4178

Keywords:

Panggung boneka 3 dimensi, keterampilan menyimak cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran panggung boneka terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas III dan mengetahui kelayakan media pembelajaran panggung boneka terhadap keterampilan menyimak siswa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari 6 langkah, yaitu: 1) analisis masalah, 2) mengumpulkan informasi data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi produk, 6) uji coba produk.
Subjek dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas III SD. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini wawancara, angket validasi ahli materi, ahli bahasa,ahli media dan hasil uji coba produk berupa penilaian guru kelas III dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian dari pengembangan ini berupaproduk
panggung boneka 3 dimensi yang terdiri dari 2 komponen, yaitu komonpen panggung dan komponen boneka. Kelayakan media pembelajaran panggung boneka 3 dimensi didapat dari hasil penilaian tim ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, ahli media,penilaian dari guru kelas III, dan angket tanggapan siswayang masing-masing memperoleh rata-rata skor presentase 95,3%, 94%, 89,95%, 92% dan 93%.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media panggung boneka 3 dimensi layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran menyimak cerita.

References

Dimyanti & Mudjino.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Madyawati, L. (2017).Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT

Asdi Mahasatya.Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Tarigan, H.G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Wijayanti, Wiwin & Sri, h.(2017). Pengaruh Penggunaan Media Panggung Boneka Terhadap Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas 1 SD Laboratorium Unesa. Jurnal

Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa, 5(3) : 631-63

Downloads

Published

2020-10-21

Issue

Section

Articles