Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI ANAK SEKOLAH DASAR

Niswatun Hasanah, Suyadi Suyadi

Abstract


Tujuan pembahasan ini adalah agar mengetahui pengembangan kreativitas anak serta konsep diri anak sekolah dasar. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengkaji atau mengeksplorasi terlebih dahulu beberapa buku yang akan dijadikan sebagai rujukan dalam penelitian, begitu pula dengan jurnal serta dokumen lain yang dianggap relevan. Penelitian ini menjelaskan  mengenai sesuatu yang urgen dalam pendidikan yaitu kreativitas, aspek kreativitas ini sepatutnya harus dimaksimal sejak dini. Wawasan terhadap pengaplikasian dan aktualisasi diri dalam bentuk yang bersifat sistimatis  terstruktur yang berhubungan dengan diri sendiri, orang lain bahkan alam semesta, dan itu merupakan definisi dari kreativitas. Oleh karenanya kreativitas memiliki keterkaitan dengan konsep diri. Konsep diri yakni pengevaluasian diri mengenai kelayakan secara pribadi yang diungkapkan dalam bentuk sikap dan karakter yang nampak atau terlihat baik terhadap orang lain maupun diri sendiri. Guru seharusnya mengerti apa saja hal-hal yang dapat meningkatkan konsep diri dan kreativitas bagi anak itu sendiri supaya dapat melakukan perubahan untuk perkembangan berjalan secara optimal, tentu hal tersebut tidak lepas dari pengaruh lingkungan, keluarga, sekolah dan masyarakat. Permasalahan yang nampak di sekolah dasar yaitu pembelajaran belum mengoptimalkan proses kreativitas pada diri siswa serta kebanyakan siswa tidak dapat mengenal potensinya. di sekolah siswa cenderung belum mampu berpikir rasional terhadap suatu kejadian yang bersifat real dan masih belum mampu mengutarakan pendapat yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Hal ini dapat di simpulkan bahwa pengembangan konsep diri pada siswa belumlah maksimal. Sedangkan creative thinking merupakan sesuatu yang penting untuk ditanamkan pada anak sejak usia SD.


Keywords


kreativitas, konsep diri, anak SD

Full Text:

PDF

References


Achmad H. 2016. Upaya Menumbuhkan Kreativitas Anak Dengan Permainan Matematika. Jurnal Pedagogi, Volume 2 Nomor 3.

Beatriks Novianti Kiling & Indra Yohanes Kiling. 2015. Tinjauan Konsep Diri Dan Dimensinya Pada Anak Dalam Masa Kanak-Kanak Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol. 1 No. 2

Djukanda Harjasuganda. 2008. Pengembangan Konsep Diri Yang Positif Pada Siswa Sd Sebagai Dampak Penerapan Umpan Balik (Feedback) Dalam Proses Pembelajaran Penjas “Jurnal, Pendidikan Dasar “ Nomor: 9.

Fitri Andriasari. (2015). Seminar Psikologi & Kemanusiaan. Psychology Forum Umm.

Fitriah Hayati. (2016). Peningkatan Kreativitas Bermain Musik Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Meggunakan Barang Bekas. Vol.1. No.1.

Hall, S. Calvin & Lindzey. G. 1978. Theories Of Personality. New York:John Wiley & Sons.

Hasnawati & Anggraini. 2016. Mozaik Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupa Menggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan. Jurnal Pgsd, 9 (2)

Hughes, Amanda, David, Galbraith & White, David. (2011) Perceived Competence: A Common Core For Self-Efficacy And Self Concept?. P. 278-289.

Jalaludin Rakhmat. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Keliat, Budi Anna, Dkk. 2005. Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa Edisi 2. Jakarta: Egc.

Munandar, Haris. 2015. “Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis.” 03(01)

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Munandar, U. 1999. Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anaj Sekolah. Jakarta: Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nirmalawati. 2011. Pembentukan Konsep Diri Pada Siswa Pendidikan Dasar Dalam Memahami Mitigasi Bencana Jurnal Smartek, Vol. 9 No. 1.

Ria Suwargarini, Dkk. Gambaran Psikologis: Konsep Diri Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Wilayah Banjir Rob . Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan (JIKK)

Sternberg, J. Robert. 1999:3. Handbook Of Crativity. New York:Cambridge Universitas Press.

Slameto. 2005. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Bumi Aksara.

Suhaya. pendidikan seni sebagai penunjang kreativitas. jurnal pendidikan dan kajian seni. vol 1. no. 1 (5).

Sumanto. 2011. Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Surna, I Nyoman. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Lutan, Rusli.

Spilsbury, J. C. (2002). “If I don‟t know them, I‟ll get killed probably”: How children‟s concerns safety shape help seeking behavior. Childhood, 9(1), 101-117.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.3984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.