KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru dalam
melaksanakan pembelajaran Higher Order Thinking Skills di SDN No.55/I Sridadi. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuan
dilapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif,
subjek dari penelitian adalah guru kelas III dan guru kelas V sekolah dasar. Teknik pengumpulan data pada
penelitian adalah dengan menggunakan observasi, wawancara serta didukung dengan adanya dokumentasi
pelaksanaan pembelajaran Higher Order Thinking Skills. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No.55/I Sridadi.
Pada penelitian ini uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan guru melaksanakan pembelajaran Higher Order Thinking Skills di SDN No.55/I Sridadi
sudah cukup baik, mulai dari perencanaan pembelajaran yang dirancang guru yang telah memuat unsur
Higher Order Thinking Skills hingga pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari tahap analisis (C4), evaluasi
(C5) dan mencipta (C6) berdasarkan hasil penelitian guru sudah mampu melaksanakan pembelajaran Higher
Order Thinking Skills dengan cukup baik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, &
Mailani, E. (2018).Potret implementasi
pembelajaran berbasis high order thinking
skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota
Medan. Jurnal Pembangunan
Perkotaan, 6(2), 102–111.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan
Soal Hots Pada Kurikulum 2013.
Edudeena, 2(1), 57–76.
https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Kuntarto, E., & Susanti, P. (2016).Persepsi Guru
Terhadap Aspek Penilaian Sikap dan
Aspek Penilaian Keterampilan dalam
Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal
Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 21–
https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1
.7088
Maryono.(2017). Peran Guru Dalam Menerapkan
Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.
(I), 72–89.
Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M.
(2016).Efektivitas Model Pembelajaran
CUPs: Dampak Terhadap Kemampuan
Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik
Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar
Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233.
https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.
v5i2.123
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.