IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN MASYARAKAT PADA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji secara spesifik tentang implementasi penguatan pendidikan karakter
(PPK) berbasis masyarakat pada SD di Kota Semarang. Penelitian yang digunakan metode deskriptif
pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan metode checklist, observasi, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan model analisis interaktif. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi
teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemntasi PPK berbasis masyarakat melalui
pemanfaatan sumber pembelajaran yang terdapat pada lingkungan sekitar dengan bekerjasama atau
kolaborasi dengan masyarakat melalui kegiatan pembelajaran berbasis cagar budaya, musium, dan sanggar
seni seperti Kota Lama Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah, taman budaya Raden Saleh, Lawang
Sewu, dan musium Ronggowasito, kerjasama dengan seniman dan budayawan sekitar dalam latihan
ekstrakulikuler seni tari dan lukis; kelas inspirasi dengan mendatangkan narasumber tokoh profesional
seperti dokter, tentara, polisi untuk mengisi kegiatan pembelajaran dalam ruang kelas dan di luar ruang
kelas; gerakan literasi berkolaborasi dengan, PERPUSDA, percetakan, toko buku; kerjasama dengan PTN
dan PTS meliputi riset pembelajaran, pengembangan inovasi pembelajaran, evaluasi menejemen sekolah;
kerjasama sekolah dan komunitas keagamaan berupa rebana dan BTQ.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyani, E. (2017). “Evaluation Of
Implementation Character Education
Program At Senior High School In
Mataram City”. JERAM, 1(1): 15-24
Bavarian, N., Lewis, K. M., Acock, A.,
DuBois, D. L., Yan, Z., Vuchinich, S.,
... & Flay, B. R. (2016). “Effects of a
school-based social–emotional and
character development program on
health behaviors: A matched-pair,
cluster-randomized controlled
trial”. The journal of primary
prevention, 37(1): 87-105.
Ekosiswoyo, R., Joko, T., & Suminar, T.
(2016). “Potensi Keluarga Dalam
Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
Pada Anak Usia Dini”. Edukasi,
(1):1-19.
Hằng, N. V. T., Meijer, M. R., Bulte, A. M.,
& Pilot, A. (2015). “The
implementation of a social
constructivist approach in primary
science education in Confucian heritage
culture: the case of Vietnam”. Cultural
Studies of Science Education, 10(3):
-693.
Iskandar. (2013). Metode Penelitian
Pendidikan dan Sosial. Jakarta:
Referensi.
Likcona, T. (2012). Character Matters.
Terjemahan. Juma Wudu Wamaunggu
& Jean Antunes Rudolf Zin dan Editor.
Uyu Wahyudin & Suryani. Jakarta:
bumi aksara.
Manullang, B. (2013). “Grand Desain
Pendidikan Karakter Generasi Emas
”. Jurnal Pendidikan Karakter,
(1):1-14.
Novantie, R. A., Handayani, E. W., & Si, M.
(2017). “Tari Jaran Ngincik Dalam
Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Di
Sdn Mangkujajar Kembangbahu
Lamongan”. Jurnal Pendidikan
Sendratasik, 5(1):-17.
Oktaviani, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y.
(2017). “Menggagas Kajian Kearifan
Budaya Lokal di Sekolah Dasar
Melalui Gerakan Literasi
Sekolah. Aktualisasi Kurikulum 2013
dIi Sekolah Dasar Melalui Gerakan
Literasi Sekolah untuk Menyiapkan
Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti”.
Prosiding Seminar Nasional 15
Maret 2015 hal: 35-42.
Purnamasari, D. E. (2017). Solidaritas
Mekanik Komunitas Islam Dan Kristen
Di Desa Kamijoro Kecamatan Bener
Kabupaten Purworejo. In Forum Ilmu
Sosial, 42(2): 161-176.
Utami, E. (2017). Generasi Emas 2045:
Indonesia Membutuhkan Kelas
Inspirasi dan Pendidik Super Kreatif.
Prosiding FKIP Universitas Ahmad
Dahlan.
Prihastanto, A., Samsudi, S., Masrukhi, M.,
& Prihatin, T. (2016). “The
Development Of Holistic Model Of
Character Education Management For
Senior High Schools In Pemalang
Regency”. The Journal of Educational
Development, 4(1): 73-82
Yetti, E., & Juniasih, I. (2016).
“Implementasi Model Pembelajaran
Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan
Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini
Melalui Metode Pembelajaran Aktif
(Pengembangan Model Di Taman
Kanak-kanak Labschool Jakarta Pada
Kelompok B)”. JPUD-Jurnal
Pendidikan Usia Dini, 10(2): 385-400.
Yudiantika, A. R., Pasinggi, E. S., Sari, I. P.,
& Hantono, B. S. (2013). Implementasi
Augmented Reality Di Museum: Studi
Awal Perancangan Aplikasi Edukasi
Untuk Pengunjung
Museum. Yogyakarta: Konferensi
Nasional Teknologi Informasi dan
Komunikasi (KNASTIK), Fakultas
Teknologi Informasi, Universitas
Kristen Duta Wacana.
Zulfiani, Z., Herlanti, Y., & Sofyan, A.
(2016). “Kajian Penerapan
Pendampingan Penelitian Tindakan
Kelas Kolaboratif Antara Perguruan
Tinggi Dan Sekolah”. Cakrawala
Pendidikan, 35(2): 273-283.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3302
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.