IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LINGKUNGAN MASYARAKAT PADA SEKOLAH DASAR

Muhammad Fauzan Muttaqin, Slamet Hariyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji secara spesifik tentang implementasi penguatan pendidikan karakter
(PPK) berbasis masyarakat pada SD di Kota Semarang. Penelitian yang digunakan metode deskriptif
pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan metode checklist, observasi, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan model analisis interaktif. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi
teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemntasi PPK berbasis masyarakat melalui
pemanfaatan sumber pembelajaran yang terdapat pada lingkungan sekitar dengan bekerjasama atau
kolaborasi dengan masyarakat melalui kegiatan pembelajaran berbasis cagar budaya, musium, dan sanggar
seni seperti Kota Lama Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah, taman budaya Raden Saleh, Lawang
Sewu, dan musium Ronggowasito, kerjasama dengan seniman dan budayawan sekitar dalam latihan
ekstrakulikuler seni tari dan lukis; kelas inspirasi dengan mendatangkan narasumber tokoh profesional
seperti dokter, tentara, polisi untuk mengisi kegiatan pembelajaran dalam ruang kelas dan di luar ruang
kelas; gerakan literasi berkolaborasi dengan, PERPUSDA, percetakan, toko buku; kerjasama dengan PTN
dan PTS meliputi riset pembelajaran, pengembangan inovasi pembelajaran, evaluasi menejemen sekolah;
kerjasama sekolah dan komunitas keagamaan berupa rebana dan BTQ.


Keywords


Implementasi, PPK berbasis masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ariyani, E. (2017). “Evaluation Of

Implementation Character Education

Program At Senior High School In

Mataram City”. JERAM, 1(1): 15-24

Bavarian, N., Lewis, K. M., Acock, A.,

DuBois, D. L., Yan, Z., Vuchinich, S.,

... & Flay, B. R. (2016). “Effects of a

school-based social–emotional and

character development program on

health behaviors: A matched-pair,

cluster-randomized controlled

trial”. The journal of primary

prevention, 37(1): 87-105.

Ekosiswoyo, R., Joko, T., & Suminar, T.

(2016). “Potensi Keluarga Dalam

Pendidikan Holistik Berbasis Karakter

Pada Anak Usia Dini”. Edukasi,

(1):1-19.

Hằng, N. V. T., Meijer, M. R., Bulte, A. M.,

& Pilot, A. (2015). “The

implementation of a social

constructivist approach in primary

science education in Confucian heritage

culture: the case of Vietnam”. Cultural

Studies of Science Education, 10(3):

-693.

Iskandar. (2013). Metode Penelitian

Pendidikan dan Sosial. Jakarta:

Referensi.

Likcona, T. (2012). Character Matters.

Terjemahan. Juma Wudu Wamaunggu

& Jean Antunes Rudolf Zin dan Editor.

Uyu Wahyudin & Suryani. Jakarta:

bumi aksara.

Manullang, B. (2013). “Grand Desain

Pendidikan Karakter Generasi Emas

”. Jurnal Pendidikan Karakter,

(1):1-14.

Novantie, R. A., Handayani, E. W., & Si, M.

(2017). “Tari Jaran Ngincik Dalam

Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Di

Sdn Mangkujajar Kembangbahu

Lamongan”. Jurnal Pendidikan

Sendratasik, 5(1):-17.

Oktaviani, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y.

(2017). “Menggagas Kajian Kearifan

Budaya Lokal di Sekolah Dasar

Melalui Gerakan Literasi

Sekolah. Aktualisasi Kurikulum 2013

dIi Sekolah Dasar Melalui Gerakan

Literasi Sekolah untuk Menyiapkan

Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti”.

Prosiding Seminar Nasional 15

Maret 2015 hal: 35-42.

Purnamasari, D. E. (2017). Solidaritas

Mekanik Komunitas Islam Dan Kristen

Di Desa Kamijoro Kecamatan Bener

Kabupaten Purworejo. In Forum Ilmu

Sosial, 42(2): 161-176.

Utami, E. (2017). Generasi Emas 2045:

Indonesia Membutuhkan Kelas

Inspirasi dan Pendidik Super Kreatif.

Prosiding FKIP Universitas Ahmad

Dahlan.

Prihastanto, A., Samsudi, S., Masrukhi, M.,

& Prihatin, T. (2016). “The

Development Of Holistic Model Of

Character Education Management For

Senior High Schools In Pemalang

Regency”. The Journal of Educational

Development, 4(1): 73-82

Yetti, E., & Juniasih, I. (2016).

“Implementasi Model Pembelajaran

Tari Pendidikan Untuk Meningkatkan

Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini

Melalui Metode Pembelajaran Aktif

(Pengembangan Model Di Taman

Kanak-kanak Labschool Jakarta Pada

Kelompok B)”. JPUD-Jurnal

Pendidikan Usia Dini, 10(2): 385-400.

Yudiantika, A. R., Pasinggi, E. S., Sari, I. P.,

& Hantono, B. S. (2013). Implementasi

Augmented Reality Di Museum: Studi

Awal Perancangan Aplikasi Edukasi

Untuk Pengunjung

Museum. Yogyakarta: Konferensi

Nasional Teknologi Informasi dan

Komunikasi (KNASTIK), Fakultas

Teknologi Informasi, Universitas

Kristen Duta Wacana.

Zulfiani, Z., Herlanti, Y., & Sofyan, A.

(2016). “Kajian Penerapan

Pendampingan Penelitian Tindakan

Kelas Kolaboratif Antara Perguruan

Tinggi Dan Sekolah”. Cakrawala

Pendidikan, 35(2): 273-283.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.