IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD KANISIUS GENDONGAN SALATIGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga, 2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga, 3) mendeskripsikan dampak program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model goal free evaluation. Subyek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, orang tua serta siswa SD Kanisius Gendongan Salatiga. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) SD Kanisius Gendongan Salatiga dalam implementasi program pendidikan karakter mengembangkan beberapa strategi seperti adanya sosialisasi, pengembangan pendidikan karakter dalam kegiatan sekolah, kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan budaya sekolah, 2) implementasi program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga sudah berjalan dengan baik, didukung oleh beberapa faktor seperti kondisi lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah, lingkungan sosial dan pola asuh orang tua, 3) tanggapan dan konsep diri dari sebagian peserta didik SD Kanisius Gendongan Salatiga masih memerlukan pembiasaan untuk menanamkan setiap nilai-nilai karakter yang baik, 4) implementasi pendidikan karakter di SD Kanisius Salatiga berdampak positif bagi nilai akademik dan perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari – hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemendiknas. (2011). Panduan Pendidikan
Karakter (berdasarkan pengalaman di satuan
pendidikan rintisan). Jakarta: Kementerian
Pendidikan Nasional Badan Penelitian
dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan
Perbukuan.
Khotimah, D. N., Budiman, M. A., & Subekti, E.
E. (2019). Analisis Program Penguatan
Pendidikan Karakter (PPK) di SDN
Karanganyar Gunung 01 Semarang dan
Dampaknya dalam Kehidupan Sehari-hari
Siswa. In Seminar Pendidikan Nasional (Vol.
, No. 1, pp. 157-162).
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter :
Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu
di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan
Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar
Ruzz Media.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran
Teman Sebaya dalam Pembentukkan Karakter
Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah).
SOCIAL: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial.
Lickona, T. (2013). Educating for Character :
Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap
Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi
Aksara.
Mulyasa, H. E. (2013). Manajemen Pendidikan
Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program
dalam Penelitian. Ilmiah PENJAS , 3, 1-16.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara
Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya
Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif
Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan
Karakter. Salatiga: Erlangga.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sofanudin, A. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai
Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Pada SMA Eks-RSBI
di Tegal. Jurnal SMART (Studi Masyarakat,
Religi, dan Tradisi), 1(2).
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan
Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi
Aksara.
Suparno, S. (2018). Analisis Faktor-faktor
Pembentuk Karakter Smart Siswa di Sekolah
Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter,
(1), 62-73
Sutjipto. (2011). Rintisan Pengembangan Pendidikan
Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, 17(5), 501-
Syaikhudin, A. (2014). Evaluasi Pelaksanaan
Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Sekolah
Dasar Ma'arif Ponorogo). TERAMPIL:
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Dasar, 1(1), 1-17.
Syamsani, S. (2019). Evaluasi Program Penguatan
Pendidikan Karakter di SDN No. 39 Centre
Palleko Kecamatan Polongbangkeng Utara
Kabupaten Takalar (Doctoral dissertation,
Universitas Negeri Makassar).
Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi
Program Penguatan Pendidikan Karakter
Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di
SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen
Pendidikan, 6(1), 64-73.
Wardani,K. (2010). Peran Guru dalam Pendidikan
Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki
Hadjar Dewantara. In: Proceeding of The 4th
International Conference on Teacher Education:
Join Conference UPI&UPSI(pp.8-10)
Wirawan. (2013). Kepemimpinan: Teori, Psikologi,
Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.