IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SD KANISIUS GENDONGAN SALATIGA

Betles Natalini, Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga, 2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga, 3) mendeskripsikan dampak program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model goal free evaluation. Subyek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, orang tua serta siswa SD Kanisius Gendongan Salatiga. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) SD Kanisius Gendongan Salatiga dalam implementasi program pendidikan karakter mengembangkan beberapa strategi seperti adanya sosialisasi, pengembangan pendidikan karakter dalam kegiatan sekolah, kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan budaya sekolah, 2) implementasi program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga sudah berjalan dengan baik, didukung oleh beberapa faktor seperti kondisi lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah, lingkungan sosial dan pola asuh orang tua, 3) tanggapan dan konsep diri dari sebagian peserta didik SD Kanisius Gendongan Salatiga masih memerlukan pembiasaan untuk menanamkan setiap nilai-nilai karakter yang baik, 4) implementasi pendidikan karakter di SD Kanisius Salatiga berdampak positif bagi nilai akademik dan perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari – hari.


Keywords


pendidikan karakter; evaluasi program; goal free evaluation

Full Text:

PDF

References


Kemendiknas. (2011). Panduan Pendidikan

Karakter (berdasarkan pengalaman di satuan

pendidikan rintisan). Jakarta: Kementerian

Pendidikan Nasional Badan Penelitian

dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan

Perbukuan.

Khotimah, D. N., Budiman, M. A., & Subekti, E.

E. (2019). Analisis Program Penguatan

Pendidikan Karakter (PPK) di SDN

Karanganyar Gunung 01 Semarang dan

Dampaknya dalam Kehidupan Sehari-hari

Siswa. In Seminar Pendidikan Nasional (Vol.

, No. 1, pp. 157-162).

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter :

Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu

di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan

Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar

Ruzz Media.

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran

Teman Sebaya dalam Pembentukkan Karakter

Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah).

SOCIAL: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial.

Lickona, T. (2013). Educating for Character :

Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap

Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi

Aksara.

Mulyasa, H. E. (2013). Manajemen Pendidikan

Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program

dalam Penelitian. Ilmiah PENJAS , 3, 1-16.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara

Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya

Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif

Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Saptono. (2011). Dimensi-dimensi Pendidikan

Karakter. Salatiga: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sofanudin, A. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai

Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam Pada SMA Eks-RSBI

di Tegal. Jurnal SMART (Studi Masyarakat,

Religi, dan Tradisi), 1(2).

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan

Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi

Aksara.

Suparno, S. (2018). Analisis Faktor-faktor

Pembentuk Karakter Smart Siswa di Sekolah

Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter,

(1), 62-73

Sutjipto. (2011). Rintisan Pengembangan Pendidikan

Karakter di Satuan Pendidikan. Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan, 17(5), 501-

Syaikhudin, A. (2014). Evaluasi Pelaksanaan

Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Sekolah

Dasar Ma'arif Ponorogo). TERAMPIL:

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Dasar, 1(1), 1-17.

Syamsani, S. (2019). Evaluasi Program Penguatan

Pendidikan Karakter di SDN No. 39 Centre

Palleko Kecamatan Polongbangkeng Utara

Kabupaten Takalar (Doctoral dissertation,

Universitas Negeri Makassar).

Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi

Program Penguatan Pendidikan Karakter

Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di

SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen

Pendidikan, 6(1), 64-73.

Wardani,K. (2010). Peran Guru dalam Pendidikan

Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki

Hadjar Dewantara. In: Proceeding of The 4th

International Conference on Teacher Education:

Join Conference UPI&UPSI(pp.8-10)

Wirawan. (2013). Kepemimpinan: Teori, Psikologi,

Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.