PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA DAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP KREATIVITAS SISWA

Meike Paranna, Gamaliel Septian Airlanda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah membuktikan perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Circuit Learning yang berbantu multimedia dan model pembelajaran circuit learning yang berbantu media sederhana terhadap kreativitas siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment Research)- non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hipotesis awal dalam penelitian ini adalah Ho: Model pembelajaran circuit learning berbantu media sederhana lebih berpengaruh terhadap kreativitas siswa. Dari hasil uji t menggunakan Independent Sample t-test menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,393 dengan nilai signifikansi pada kolom Sig (2-tailed) sebesar 0,020. Berdasarkan hasil kriteria pengujian hipotesis, bahwa nilai signifikasinya menunjukkan 0,020 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran circuit learning berbantu multimedia lebih berpengaruh terhadap kreativitas siswa. Keberhasilan penelitian ini di dukung dengan adanya peningkatan hasil pretest ke postest dan juga rata-rata hasil penilaian kreativitas siswa yaitu membuat peta konsep/mind map yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning berbantu media sederhana.


Full Text:

PDF

References


Dewi, D. A. P., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., Ganing, N. N., & Hum, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Negeri 1 Pejeng Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2226

Gay, L. R., Mills, G. E., Airasian, P. W. 2012. Educational Research: Competencies For Analysis and Applications. Boston: Pearson.

Haryadi, S., Djatmika, E. T., & Setyosari, P. (2017, June). Pembelajaran Tematik Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/gtk/article/view/282

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.