PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Reza Yuafian, Suhandi Astuti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa SD Negeri 5 Depok. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya daya tarik siswa saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Hasil penelitian tindakan kelas pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dari 22 anak atau 27% dari 100%, dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus I sebanyak 12 siswa dari 22 anak atau 54% dari 100%, dengan nilai rata-rata 67. Selanjutnya pada siklus II sebanyak 19 siswa dari 22 anak atau 81% dari 100%, dengan nilai rata-rata 78. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 5 Depok Tahun Pelajaran 2019/2020.


Keywords


Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, IPA

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Suhandi. 2017. Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training. Scholaria Vol. 4 No. 1, 37-47.

Astuti, Suhandi. 2017. Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSW. Scholaria Vol. 7 No. 1, 49-59.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mawardi. 2017. Merancang Model Dan Media Pembelajaran. Scholaria Vol. 8 No. 1, 26-40.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi arikunto. (2011). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.1

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar..Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardani, Naniek Sulistya, dkk. 2012. Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga : Widya Sari Press.

Wardani, Naniek Sulistya dan Slameto. 2012. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Salatiga: Widya Sari Press.

______. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.