EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD 128 TURUNGAN BERU KECAMATAN HERLANG KABUPATEN BULUKUMBA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui gambaran penerapan penggunaan media power point dalam pembelajaran IPS Siswa kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba; (ii) mengetahui gambaran hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba dalam menggunakan media power point; (iii) mengetahui keefektifan penggunaan media power point dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pre test-post test. Subjek penelitian adalah Siswa kelas V yang berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan homogen dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) penggunaan media power point terhadap hasil belajar Siswa kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba berkualifikasi “ baik “. (ii) hasil belajar IPS Siswa dengan penggunaan media power point pada kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabupaten Bulukumba berkategori “tinggi “ dibandingkan dengan hasil belajar yang tidak menggunakan media power point berkategori “rendah” (iii) penggunaan media power point pada pembelajaran IPS Siswa kelas V SD Negeri 128 Turungan Beru Kabuapten Bulukumba efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri 128 turungan Beru Kabupaten Bulukumba.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andariana, A. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Kelas XI SMA Negeri I Tellusiattinge. Tesis. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.
Arsyad,, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta; Raja GrafindoPersada
Bungin, Burhan. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksidan Motivasi Belajardan Mengajar.Jakarta: Grasindo.
Setyawan, Budi. 2006. Pengaruh Media Power Point Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 39 Surabaya. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Vol 4. PP 2337-3253.
Slameto. 1995. Proses BelajarPembelajaran. Bandung: Kencana.
Srimaya. 2012. Efektivitas Media PembelajaranPower Point untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarBiologiSiswaKelas XI IPA 3 SMAN Pangkajene. Tesis.Tidakditerbitkan.UniversitasNegeri Makassar.
Sudiman, A. S., dkk. 2012. Media PendidikanPengertian, Pengembangan, danPemanfaatannya. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bnadung: SinarBaruAlgensindo.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta; PustakaBelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. TeoriBelajar&Pembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: KencanaPrenada Group
Kustandi&Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia.
Marissa, dkk.2011.Komputer dan Media Pembelajaran.Jakarta:Universitas Terbuka
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Poerwadarmint. 1983.Kamus Umum Bahasa Indonesia.BalaiPustaka: Jakarta.
Purwanto. 2013. EvaluasiHasilBelajar. Yogyakarta:PustakaBelajar.
Rusdin, N. Q. 2013. Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Model Missouri Mathematic Project (MMP) dalam Materi Segi Empat pada Siswa Kelas VII SMP Cokrominoto Tamalanrea. Tesis. Tidakditerbitkan.UniversitasNegeri Makassar.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3092
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.