EFEKTIVITAS MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

dwi winarti, Rahyu Setiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan media Pop Up Book pada
pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Jepun. Menggunakan
pendekatan kuantitatifdengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dan desain Nonequivalent
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Jepun yang
terdiridari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 68 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 2
sampel secara random yaitu dimana kelas A sebagai kelas exsperimen yang berjumlah sebanyak 34 siswa
dan satu kelas yaitu kelas B yang berjumlah sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun Teknik dalam
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi dan metodetes. Berdasarkan
hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai derajat kebebeasan (df) N-2 sebesar 38. Hasil yang
diperoleh untuk ttabelsebesar 2,024 dan thitungsebesar 10,633. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena
nilaithitung>ttabel(10,633 >2,024) dan signifikan 0,000 <0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan efektivitas media pembelajaran Pop Up Book pada
pembelajaran cooperatiftipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Jepun


Keywords


BangunRuang; Hasil Belajar; Media

Full Text:

PDF

References


Musfiqon, HM. (2012). Pengembagan Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.

Runtukahu, TJ. Kondau, S. (2013). Pembelajaran Matematika Dasar Pada Bagi Anank Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, A., & Rahmah, E. (2016). Model pop up book keluarga untuk mempercepat kemampuan membaca anak kelas rendah sekolah dasar. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 5(1), 10–21.

Solichah, L. A., Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jpgsd, 06, 1537–1547.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Pendidikan. Bandung:Alfabet

Sugiyono, (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabet.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003TentangSistem Pendidikan Nasional. Undang-udangrepublik Indonesia.

Wati, E. T., Zuhdy. U. (2017). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem. Jpgsd.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.