Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN SOSIODRAMA BERBASIS “ATONG” PADA TEMA 8 DI KELAS IV SD NEGERI 1 LIMPAKUWUS

Aji Heru Muslim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa pada Tema 8 di kelas IV SD Negeri 1 Limpakuwus dengan menggunakan pembelajaran Sosiodrama berbasis  ATONG. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, desain penelitian tindakan kelas ini menggunakan desain PTK Arikunto. Obyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 30 anak yang terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi instrument tes dan non tes. Instrument tes terdiri dari tes tertulis dalam bentuk uraian  yang dilakukan pada setiap akhir pertemuan. Sedangkan instrument non tes terdiri dari observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar siswa diperoleh ketuntasan klasikal pada Siklus I Pertemuan 1 dan 2 yaitu 50% dan 63% dan pada siklus II pertemun 3 dan 4 diperoleh ketuntasan klasikal yaitu 83% dan 93%. Sikap kerjasama siswa diperoleh skor pada siklus I yaitu 69 dengan kriteria baik dan pada siklus II diperoleh skor yaitu 88 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan sikap kerjasama dan prestasi belajar siswa menggunakan pembelajaran sosiodrama berbasis ATONG siswa kelas IV SD Negeri 1 Limpakuwus.

Keywords


Kerjasama, Prestasi Belajar, Sosiodrama Berbasis ATONG

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis.Jakarta.PT Rineka Cipta.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Muslim, H, A dan Supriatna. 2016. Pengembangan perangkat pembelajaran PKn Model Cooperative tope TGT Berbasis ATONG Bagi Siswa ekolah Dasar. UM Purwokerto: Jurnal Pendidikan sekolah Dasar Vol.12, No 2 Juli 2016. [Online] Tersedia http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/5474 Diikses tanggal 24 April 2018 Pukul 17.24

Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rostiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Said, A dan B, Andi. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar sesuai kerja otak dan gaya belajar siswa. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.