HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI KELASIV SD IT NURUL ISLAM SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.26618/4ntr7t02Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD IT Nurul Islam Singkawang. (2) Mendeskripsikan keterampilan menulis puisi di SD IT Nurul Islam Singkawang. (3) Mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD IT Nurul Islam Singkawang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Nurul Islam Singkawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Nurul Islam Singkawang yang terdiri dari kelas IV Ishaq dan IV Ismail berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes Penguasaan kosakata dan Tes Keterampilan menulis puisi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis persentase deskriptif, analisis nilai rata-rata, dan korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat penguasaan kosakata tergolong sedang dengan rata-rata keseluruhan nilai 41,86 (2) tingkat keterampilan menulis puisi tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan 67, 10 (3) ada hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis puisi siswa dengan thitung > ttabel = 2,99 > 1,68 dan koefisien determinasi sebesar 0,18 atau dengan persentase 18,29%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD IT Nurul Islam Singkawang.
Kata kunci: Penguasaan kosakata, keterampilan menulis puisi, Bahasa Indonesia SD.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.