Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Dan Implikasinya Pada Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI Di SDN 93 Singkawang

Authors

  • Dhea Ramadanti Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Haris Rosdianto Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Wahyuni Oktavia Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/h6r0j339

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk menganalisis pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap motivasi 
belajar siswa kelas VI di SDN 93 Singkawang; 2) untuk menganalisis pengaruh langsung perhatian orang tua 
terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di SDN 93 Singkawang; 3) untuk menganalisis pengaruh langsung 
motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di SDN 93 Singkawang; 4) untuk menganalisis 
pengaruh tidak langsung perhatian orang tua terhadap presstasi belajar IPA melalui motivasi belajar siswa 
kelas VI di SDN 93 Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Path 
Diagram. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 93 Singkawang. Sampel penelitian 
diambil secara total sampling sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan 
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan analisis jalur. Hasil 
penelitian: 1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar mempunyai nilai signifikansi koefisien 
jalur 0,077 ≥ 0,05, yang berarti perhatian orang tua berpengaruh langsung secara signifikan terhadap motivasi 
belajar. 2) Pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mempunyai nilai signifikansi 
koefisien jalur sebesar 0,453 ≥ 0,05, yang berarti perhatian orang tua berpengaruh langsung secara signifikan 
terhadap prestasi belajar. 3) Pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar mempunyai nilai 
signifikansi koefisien jalur sebesar 0,538 ≥ 0,05, bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara 
motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 4) Pengaruh tidak langsung dan pengaruh langsung perhatian 
orang tua terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar menunjukkan nilai 0,052 ≤ 0,150, disimpulkan 
perhatian orang tua berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar.

Downloads

Published

2025-10-11

Issue

Section

Articles