Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Dan Implikasinya Pada Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI Di SDN 93 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.26618/h6r0j339Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk menganalisis pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap motivasi
belajar siswa kelas VI di SDN 93 Singkawang; 2) untuk menganalisis pengaruh langsung perhatian orang tua
terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di SDN 93 Singkawang; 3) untuk menganalisis pengaruh langsung
motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di SDN 93 Singkawang; 4) untuk menganalisis
pengaruh tidak langsung perhatian orang tua terhadap presstasi belajar IPA melalui motivasi belajar siswa
kelas VI di SDN 93 Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Path
Diagram. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 93 Singkawang. Sampel penelitian
diambil secara total sampling sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan analisis jalur. Hasil
penelitian: 1) Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar mempunyai nilai signifikansi koefisien
jalur 0,077 ≥ 0,05, yang berarti perhatian orang tua berpengaruh langsung secara signifikan terhadap motivasi
belajar. 2) Pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mempunyai nilai signifikansi
koefisien jalur sebesar 0,453 ≥ 0,05, yang berarti perhatian orang tua berpengaruh langsung secara signifikan
terhadap prestasi belajar. 3) Pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar mempunyai nilai
signifikansi koefisien jalur sebesar 0,538 ≥ 0,05, bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara
motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 4) Pengaruh tidak langsung dan pengaruh langsung perhatian
orang tua terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar menunjukkan nilai 0,052 ≤ 0,150, disimpulkan
perhatian orang tua berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.