ANALISIS HASIL PRAKTIKUM IPA MAHASISWA PGMI SEBAGAIREFLEKSI PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN
DOI:
https://doi.org/10.26618/7ybqhx84Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai refleksi penerapan pembelajaran
berbasis pengalaman (experiential learning). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 115 mahasiswa dari tiga kelas (A, B, dan C). Data diperoleh dari hasil penilaian
laporan praktikum mahasiswa yang dikategorikan ke dalam empat kategori: sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa berada pada kategori “baik” (59,82%), disusul oleh kategori “cukup” (32,14%), “sangat baik” (8,03%), dan “kurang” (2,67%). Rata-rata
nilai tertinggi diperoleh kelas A (74,51), diikuti kelas B (73,67) dan kelas C (72,35). Temuan ini merefleksikan bahwa kegiatan praktikum dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA dan keterampilan proses sains mahasiswa PGMI. Penerapan pendekatan experiential learning terbukti relevan dalam konteks pendidikan calon guru, karena mendorong
keterlibatan aktif, refleksi, dan pemaknaan terhadap pengalaman belajar secara langsung. Penelitian ini merekomendasikan penguatan desain praktikum berbasis pengalaman untuk mendukung pengembangan
kompetensi profesional calon guru madrasah ibtidaiyah.
Kata kunci: experiential learning; hasil praktikum; keterampilan proses sains; pembelajaran IPA.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.