PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN KANTONG BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH

Authors

  • Neisa Hayati Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Singkawang, Indonesia
  • Mariyam Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Singkawang, Indonesia
  • Erdi Guna Utama Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/e6ryf502

Abstract

ABSTRAK

Neisa Hayati: Pengaruh Penggunaan Media Papan Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Mata Pelajaran Materi Bilangan Cacah. Skripsi ISBI Singkawang, 2025.


           Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menguji ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara kelas yang menggunakan media papan kantong bilangan dengan yang yang tidak menggunakan media papan kantong bilangan pada pembelajaran matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri 8 Singkawang. 2) Seberapa besar pengaruh penggunaan media papan kantong bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri 8 Singkawang. 3) Bagaimanakah respon siswa terhadap penggunaan media papan kantong bilangan pada mata pelajaran matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri 8 Singkawang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk Nonequivalent posstest-Only Control Grup Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non-Probability Sampling dengan sampel jenuh yaitu siswa kelas IV. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu Independent Two Sampel T-Test untuk mengetahui rata – rata peningkatan pemahaman konsep matematis, selanjutnya uji persentase untuk melihat respon siswa setelah menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara kelas yang menggunakan media papan kantong bilangan dan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung siswa kelas IV. 2) Penggunaan media papan kantong bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV berpengaruh besar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. 3) Respon siswa tergolong positif setelah diterapkannya media papan kantong bilangan.

Kata Kunci: Media Papan Kantong Bilangan, Pemahaman Konsep Matematis, Bilangan Cacah.

 

Downloads

Published

2025-09-06

Issue

Section

Articles