PENGARUH PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAPKEMAMPUAN BERBICARA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIASISWA KELAS IV SDN 05 SINGKAWANG
DOI:
https://doi.org/10.26618/wcyvhn63Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berbicara antara kelas yang menggunakan buku cerita bergambar dengan kelas yang menggunakan model konvensional pada kemaampuan berbicara siswa kelas IV SDN 05 Singkawang. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 05 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Non Equivalen Post-Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 05 Singkawang.dan sampel penelitian ini yaitu IVA kelas Eksperimen sebanyak 25 siswa dan IVB kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Uji t menunjukkan > yaitu 6,066 > 2,021 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berbicara siswa kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan buku cerita bergambar dengan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SDN 05 Singkawang.; 2) uji besar nya pengaruh ( effect size ) penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara siswa maka hasilnya adalah berpengaruh dengan hasil effect size berada dikriteria sangat tinggi dengan nilai 2,15 berada pada rentang Es >2,0. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya penggunaan buku cerita bergambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa agar dapat berdampak positif pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Kata kunci : Buku cerita bergambar, kemampuan berbicara, bahasa Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.