HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPASSISWA DI SDS WAHANA HARAPAN BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.26618/7h0qx987Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan gaya belajar siswa di SDS Wahana Harapan Bangsa. 2) Mendeskripsikan terdapat atau tidaknya hasil belajar siswa di SDS Wahana Harapan Bangsa. 3) Mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPAS pada siswa di SDS Wahana Harapan Bangsa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas tinggi SDS Wahana Harapan Bangsa dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) Berdasarkan hasil perhitungan angket gaya belajar siswa mayoritas memiliki gaya belajar visual yaitu 50%, 2) Berdasarkan hasil perhitungan hasil belajar IPAS siswa SDS Wahana Harapan Bangsa memiliki rata-rata 79, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPAS siswa memiliki berkriteria yang tinggi, 3) Uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,022 dimana < 0,05 dan nilai pearson correlation 0,460 berada pada kategori sedang dan t hitung 3,59 > 2,02 t tabel maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPAS siswa SDS Wahana Harapan Bangsa.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.