MODEL RADEC: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIRKREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MI AL MUWAZANAH

Authors

  • fahimatul ulumiah Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Indonesia
  • Dr. Hamam, M.Pd. Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Indonesia
  • Dr. Nasrul Syarif, M.Si Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/f4v3em72

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep merupakan kompetensi penting abad ke-21, terutama dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Namun, studi pendahuluan di MI Al Muwazanah menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa kurang aktif serta kesulitan menghadapi soal-soal HOTS. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Instrumen penelitian berupa soal uraian, dengan analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model RADEC berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif (p = 0,001 < 0,05) dan pemahaman konsep matematika (Paired Test p = 0,000 < 0,05) dengan rata-rata N-gain sebesar 69,69%, lebih tinggi dibanding kelompok kontrol yang hanya 20,96%. Namun, hasil uji regresi menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan secara simultan terhadap kedua variabel tersebut. Temuan ini menyarankan bahwa RADEC lebih efektif jika difokuskan pada satu kompetensi dalam satu waktu pembelajaran. Oleh karena itu, perlu penguatan pada tahap diskusi, penjelasan, dan penciptaan agar hasil belajar lebih optimal.

Downloads

Published

2025-09-06

Issue

Section

Articles