PERBANDINGAN STRATEGI DRTA DENGAN PQ4R TERHADAPMEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK FASE C SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/h9dxhv52Keywords:
Strategi Pembelajaran, DRTA, PQ4R, Membaca Pemahaman, Sekolah DasarAbstract
Peserta didik pada Fase C sekolah dasar sudah harus memasuki tahap membaca pemahaman. Namun, di salah satu sekolah di Kota Bandung, masih ditemukan kendala yang berkaitan dengan membaca pemahaman seperti kesulitan dalam menentukan ide pokok dalam setiap paragraf, menjawab pertanyaan, menyimpulkan, serta menceritakan kembali isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan dua strategi, guna mengidentifikasi perbedaan antara strategi DRTA dengan PQ4R terhadap membaca pemahaman peserta didik pada Fase C. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi-experimental dan non-equivalent control group design, serta menerapkan analisis komparatif untuk membandingkan hasil antar kelompok. Penelitian ini juga melibatkan dua kelompok eksperimen: satu menggunakan strategi DRTA dan satu lagi menggunakan strategi PQ4R. Hasil uji hipotesis dengan paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada masing-masing kelompok, dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Selain itu, hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, hal ini menandakan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kedua strategi. Perbedaan yang terjadi menunjukkan bahwa strategi DRTA lebih efektif dibandingkan dengan strategi PQ4R, yang dapat dilihat dari hasil rata-rata post-test kelas yang menggunakan strategi DRTA memiliki nilai yang lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan strategi PQ4R. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi DRTA dengan PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik Fase C.
References
Aesti, S. N., Muthohar, S., & Mustakimah, M. (2025). Strategi Stimulasi Literasi Membaca melalui Kegiatan Bermain Plastisin. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 364–374. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.961
Aisha, A. A. N., Hendriani, A., & Heryanto, D. (2019). Penerapan Strategi PQ4R dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD. JPGSD, 4(1), 329–339.
Alawi, M., & Hananingsih, W. (2023). Upaya Guru dalam Menerapkan Strategi DRTA untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Journal of Primary Education, 2(3), 115–124.
Anggara, A. (2018). Penerapan Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ismaria Al-qur’an Anniyah Rajabasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019.
Anggraini, U., Luthfi, A., & Rizal, M. S. (2021). Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(2), 17–27.
Aningsih, A., & Jayanty, I. P. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) di Kelas III SD bani Saleh 2 Bekasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 22–29.
Dendodi, D., Qonitah, Q., Nurahlina, N., & Aprilia, A. (2025). Analisis Peran Pengalaman Belajar dalam Membangun Memori Jangka Panjang pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 1750–1758. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.746
Dheni Purnasari, P., Damas Sadewo, Y., Studi Manajemen, P., Tinggi Ilmu Manajemen Shanti Bhuana, S., & Studi Kewirausahaan, P. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran dan Pemanfaatan Media Ajar di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. 10. http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Finiza, R. T., Rezkita, S., & Wardani, H. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode PQ4R Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Gemawang. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 88–95. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11306
Fitriah, N. A., & Rahmah, M. (2024). Penerapan Strategi DRTA dan Pendekatan TARL untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(03), 234–243.
Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3), 1348–1358.
Herdiana, R. A., Unaenah, E., & Magdalena, I. (2025). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(4), 278–289. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i4.64
Krismonika, E. (2020). Pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan membaca. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 321–325. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Kurniawan, M. Y., Slamet, S. Y., & Shaifuddin, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Jurnal Didaktika Dwija Indria, 4(4), 1–6.
Kusumajati, A. P., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi PQ4R di Kelas 3B SD Negeri Telukan 02. Educatif : Journal of Education Research, 4(3), 291–297. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif
Marlina, A., Pateda, L., & Talango, S. R. (2025). Penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Tema Cita Citaku. Dirasatul Ibtidaiyah, 5(1), 34–44.
Maulana, S. A., & Masitoh, S. (2024). Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Disabilitas Rungu di SLB Negeri Lamongan. Jurnal Pendidikan Khusus, 19(4), 1–8.
Nafisah, R., & Koeswanti, H. D. (2023). Penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan membaca pemahaman pada siswa kelas III SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 5(2), 82–92. https://doi.org/10.26555/jg.v5i2.8092
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi Pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94.
Prasetya, T. A., Djuanda, D., & Syahid, A. A. (2025). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 1007–1019. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4846
Pratiwi, T., Faisal, M., & Hermuttaqien, B. P. F. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. Pinisi Journal PGSD, 1(1), 1–9.
Putri, A. K., Fitriani, A. D., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD. JPGSD, 4(1), 1–14.
Putri, D. J., Angelina, S., Rahma, S. C., & Mujazi, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Kecamatan Larangan Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Esa Unggul, 5, 49–53.
Restiani, O. N., Arafik, Muh., & Rini, T. A. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Teks Narasi pada Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1053–1067. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1053-1067
Rukayah, S., & Iswatiningsih, D. (2025). Cerita Bergambar sebagai Strategi Menumbuhkan Kepedulian Sosial dan Daya Paham terhadap Bacaan. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial, 4(1), 513–522. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v4i1.2441
Saputra, H. A., & Diana, M. (2022). Strategi Pembelajaran PQ4R: Pengembangan Buku Strategi Membaca Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Wahana Didaktika, 2(3), 372–384.
Setiawan, A., Faridah Laily, I., & Maufur, S. (2022). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MI Maharesi Shiddiq Kabupaten Cirebon. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 03(03), 218–230.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (Cetakan ke-4). Kencana .
Subekti, I., Mendrofa, V. K., & Hariyanto, H. (2024). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa The Effect of SQ3R Method on Students’ Reading Comprehension Skills. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(1), 79–87.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Stopo, Ed.). Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Sulikhah, S., Utomo, S., & Santoso, S. (2020). Pengaruh Teknik SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan Teknik Skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa SD Negeri Kelas III Di Kecamatan Karanganyar Demak. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 365–285. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Yanti, C. D., Anggraeni, W., & Prihamdani, D. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. IJPSE: Indonesian Journal of Primary School Education, 1(2), 308–315. https://doi.org/10.36805/ijpse.v1i2.589
Zuve, F. O., Ananda, R., & Yulhamida, Y. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R untuk Keterampilan Membaca. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 226–233.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.