PERAN GURU DALAM PENGUATAN KETERAMPILAN LITERASILINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM ADIWIYATADI SDN PASAR BARU 1

Authors

  • Vicky Fauziah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Firdaus Firdaus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.26618/hy6sf314

Keywords:

Peran Guru, Keterampilan Literasi Lingkungan, Program Adiwiyata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendenskripsikan tentang bagaimana peran guru dalam perencanaan, pelaksanaan, hasil keterampilan literasi lingkungan peserta didik, serta faktor pendukung dan penghambat program adiwiyata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekripsi kualitatif, dengan teknik pengumpulan data Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman, yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji kredibiltas yang terdiri atas perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, diskusi teman sejawat, referensi ahli, dan member check. Kemudian dilakukan uji keteralihan, uji ketergantungan, dan uji kepastian. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) peran guru dalam perencanaan pembelajaran berbasis lingkungan di mulai dengan penentuan tujuan sampai evaluasi pembelajaran, (2) proses pelaksanaan peran guru dalam pembelajaran terdapat tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutu, (3) hasil dari keterampilan literasi llingkungan meliputi empat yaitu pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku, (4) faktor pendukung dan penghambat program adiwiyata yaitu kebijakan sekolah, partisipasi warga sekolah, sarana dan prasarana.

References

Adawiyah, S. R. (2022). Pentingnya pendidikan lingkungan hidup bagi anak usia dini. Musawa: Journal for Gender Studies, 14(1), 90-108.

Agustina, S. R., Sabrina, S., Aiman, U., Adiansha, A. A., & Nurgufriani, A. (2025). Penerapan Metode Bermain Sambil Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa SD. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 6(1), 31-37.

Andriana. (2024). Meta Sintetis Literasi Lingkungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 307-320.

Andriana, E., Hasani, A., Nulhakim, L., & Rasendriya, P. N. (2023). Optimalisasi Kinerja Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Literasi Sains Kelas IV SDN Karang Tengah 07. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1828-1834.

Anggraini, N., & Nazip, K. (2022). Kemampuan literasi lingkungan mahasiswa pendidikan biologi menggunakan skor nela. Journal of Education Action Research, 6(4), 552-557.

Aulia, A. T., & Aji, A. (2023). Hubungan Antara Literasi Lingkungan Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan Pada Peserta Didik di Sekolah Adiwiyata SMA N 4 Semarang. Edu Geography, 11(3), 1-9.

Fajar, W. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(3), 468-474.

Jufri, J., La Fua, J., & Nurlila, R. U. (2019). Pendidikan lingkungan di sekolah dasar negeri 1 baruga kota kendari. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 164-181.

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(01), 1-10.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya.

Patrisiana, P., Dike, D., & Wibowo, D. C. (2020). Pelaksanaan Literasi Lingkungan di SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 195-208.

Pratomo, W., Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Andini, A. (2023). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Pembelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 15-25.

Purwati, N., Muspiroh, N., & Isfiani, I. R. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Poster Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Lingkungan.

Rismayanti, E. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam menanamkan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata di SDN Petir 1 Kota Tangerang. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 18-28.

Santoso, R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2021). Analisis literasi lingkungan siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(2), 1976-1982.

Sari, N. H., Andriana, E., & Hendracipta, N. (2024). Peran Guru Pada Program Green School Untuk Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Di Sekolah Adiwiyata Nasional SD YPWKS V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 835-850.

Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran dan perilaku ramah lingkungan mahasiswa di kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260-275.

Susanti, W., & Nupus, D. H. (2022). Analisis Profit Literasi Lingkungan Siswa SMP pada Pembelajaran. Report of Biological Education, 3(1), 11-16.

Wahyuni, A. D., & Rigianti, H. A. (2023). Implementasi Program Adiwiyata Sebagai Sarana Penanaman Akhlak Kepada Alam Peserta Didik di SDN Sogan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5724-5734.

Widodo. (2022). Sekolah Adiwiyata Berbasis Budaya Sekolah Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD/MI. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Yulianti, V., & Kusumaningrum, D. (2021). Analisis Keterampilan Literasi Lingkungan Siswa SD di Kecamatan Turen Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PRIMED: Primary Education Journal atau Jurnal Ke- SD An, 1(1), 10-20.

Zahrani, U., Hadiansah, H., & Yuliawati, A. (2024). Peningkatan Literasi Lingkungan Siswa Melalui Penggunaan E-Modul Berbasis Socio-Scientific Issues pada Materi Perubahan Lingkungan. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 38-44.

Downloads

Published

2025-09-06

Issue

Section

Articles