HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS V MIS AL-FATAH SINGKAWANG TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.26618/kw9m2m97Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pemahaman konsep siswa kelas V MIS Al-Fatah Singkawang. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar IPA siswa kelas V MIS Al-Fatah Singkawang. 3) Untuk mengetahui hubungan antara pemahaman konsep dengan prestasi belajar IPA siswa kelas V MIS Al-Fatah Singkawang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Al-Fatah Singkawang, sedangkan sampel penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Sampling Total. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Instrument yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep IPAS dan nilai UAS siswa kelas V. Data pada penelitian dianalisis dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman konsep IPAS siswa kelas V MIS Al-Fatah Singkawang secara keseluruhan sudah dalam kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan dengan perolehan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 63%. 2) Prestasi Belajar IPAS siswa kelas V MIS Al-Fatah Singkawang secara keseluruhan tergolong dalam kategori cukup. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai IPA siswa sebesar 67. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman konsep dengan prestasi belajar IPAS siswa kelas V MIS Al-Fatah Singkawang. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji korelasi yang menunjukkan nilai koefisien korelasi positif yaitu sebesar 0,4712 serta diperoleh nilai = 3,5436 dan = 2,015. Sehingga (≥) , maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan dan signifikan antara variabel X (Pemahaman Konsep) dan variabel Y (Prestasi Belajar) di MIS Al-Fatah Singkawang dengan koefisien korelasi sebesar 0,4712 dan berada pada kategori cukup.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Prestasi Belajar IPAS
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.