PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAPERMULAAN SISWA KELAS II SDS TORSINA II SINGKAWANG

Authors

  • Fitri Marselly Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Lili Yanti Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Sri Mulyani Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/6zwv6891

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media puzzle dalam pembelajaran dalamupaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II, (2) untuk mengukur seberapa besarpengaruh penggunaan media puzzle tersebut terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II, dan (3) untuk mengeksplorasi respon siswa terhadap media puzzle dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode quasi experiments. Desain penelitian yang digunakan adalahnonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SDS Torsina II Singkawang. Sampel penelitian adalah siswa kelas II yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompokeksperimen yang menggunakan media pembelajaran puzzle dan kelompok kontrol dengan model pembelajarankonvensional. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas dengan menggunakan rumus Chi-kuadrat dan dilakukan uji homogenitas varians untuk melihat kesamaan varians pada kedua kelompok. Untuk pengujianhipotesis pertama digunakan uji independent sample t-test dan untuk pengujian hipotesis kedua digunakan rumusEffect Size. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes esai dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari hasil perhitungan terhadap hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 2,218 > 2,008 artinya H_o ditolak dan H_a diterima, sehingga adanya perbedaan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDS Torsina II Singkawang ; 2) Media Puzzle memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II  di SDS Torsina II  Singkawang yaitu sebesar 0,7 berada pada 0,2 ˂ ES ≤ 0,8 ; 3) Respon positif siswa terhadap pembelajarran menggunakan media puzzle. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan persentase respon siswa sebesar 86,19% termasuk dalam kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDS Torsina II 

Downloads

Published

2025-09-06

Issue

Section

Articles