PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEEP LEARNING SEBAGAI UPAYAPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Natasya Alifia Mandasari Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Agnia Puri Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Anita Dwi Hapsari Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/35q86e33

Keywords:

deep learning, hasil belajar, IPAS, Sekolah Dasar, studi literatur

Abstract

Penelitian ini ditujukan dalam rangka memahami tujuan pendekatan pembelajaran deep learning sebagai strategi dalam meningkatkan hasil pembelajaran mata pelajaran IPAS di tingkat Sekolah Dasar (SD). Melalui metode studi literatur, penulis menganalisis berbagai hasil penelitian, jurnal ilmiah, dan teori-teori relevan yang membahas tentang implementasi deep learning dalam pembelajaran, serta dampaknya terkait penguasaan materi serta kemampuan analitis siswa. Pendekatan deep learning dalam dunia pendidikan berfokus pada pembelajaran yang mendalam, bermakna, dan berorientasi pada pemecahan masalah nyata, yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada peserta didik. Kajian yang dilakukan menunjukkan bahwa pendekatan deep learning efektif diterapkan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar berpotensi meningkatkan keterlibatan aktif siswa, memperdalam pemahaman konsep, serta mendorong keterampilan kolaboratif dan reflektif. Oleh karena itu, diperlukan peran guru yang aktif dalam merancang kegiatan pembelajaran yang kontekstual, integratif, dan menantang guna mendukung proses deep learning secara optimal di kelas.

Downloads

Published

2025-09-06

Issue

Section

Articles