PENDEKATAAN PEMBELAJARAAN DEEP LEARNING UNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Detara Aprilia Anisa Nur Dewi Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Vincentya Rafa Fadhilah Salzabilla Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Rizka Intan Amelia Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/c7dbd432

Keywords:

Pembelajaran Deep Learning, berhitung, siswa kelas 1 SD, pembelajaran matematika

Abstract

Kemampuan berhitung merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika di tingkat Pendidikan
Dasar, terutama bagi siswa kelas 1. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan karena metode
pembelajaran yang tidak cocok dengan tahap perkembangan mereka. Artikel ini membahas penggunaan
pendekatan deep learning dalam pembelajaran berhitung sebagai solusi yang lebih efektif. Untuk
mewujudkan sasaran yang telah direncanakan, penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka yang
menganalisis berbagai jurnal dan publikasi ilmiah yang diterbitkan pada rentang tahun 2020 hingga 2025.
Pendekatan deep learning berfokus pada pemahaman konsep yang mendalam, keterlibatan siswa, serta
pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Studi ini mengungkap bahwa penerapan pendekatan yang
dimaksud mampu mengembangkan keterampilan berhitung siswa secara menyeluruh, baik dalam aspek
pengetahuan, sikap, maupun interaksi sosial. Siswa tidak hanya memahami langkah langkah berhitung,
tetapi juga makna dari operasi matematika yang dilakukan. Dengan demikian, pendekatan ini menawarkan
potensi besar untuk diterapkan di jenjang pendidikan dasar sebagai upaya meningkatkan kualitas
pembelajaran matematika secara menyeluruh.
Kata Kunci: Berhitung, Pembelajaran Deep Learning, pembelajaran matematika, siswa kelas 1 SD

Downloads

Published

2025-09-06

Issue

Section

Articles