LITERATUR REVIEW: PERAN GURU DALAM MENCIPTAKANLINGKUNGAN BELAJAR BEBAS BULLYING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anggun Setiyaningrum Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Didik Tri Setiyoko Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Indonesia
  • Atikah Mumpuni Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/xtvtvf39

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pemahaman, pencegahan, dan penanganan bullying di sekolah dasar melalui peran aktif guru, penerapan strategi sekolah ramah anak, serta pengembangan lingkungan sosial dan emosional yang mendukung kesejahteraan dan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan menelaah berbagai hasil penelitian dan sumber relevan yang membahas dampak negatif bullying terhadap siswa, pentingnya dukungan sosial dan peran guru, serta berbagai strategi dan program yang efektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, bebas bullying, dan mendukung perkembangan sosial-emosional siswa di sekolah dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting sebagai pengawas, pembimbing, dan panutan dalam membentuk interaksi sosial yang sehat. Strategi yang dapat diterapkan antara lain pemberian pendidikan karakter, deteksi dini terhadap perilaku menyimpang, serta pengelolaan kelompok belajar secara efektif dan aman. Kajian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan dalam mengelola dinamika kelompok dan mencegah bullying sejak dini.

 

Kata Kunci: peran guru, bullying, lingkungan belajar aman, sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-09-06

Issue

Section

Articles