PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENSTIMULASI BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Timatri (Multimedia Interaktif Berbasis Canva) pada materi geometri untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas 2 sekolah dasar. Pendekatan multimedia interaktif dipilih karena dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik dan partisipatif, memungkinkan siswa untuk belajar melalui berbagai media visual dan interaktif. Canva digunakan sebagai platform utama dalam pengembangan materi karena kemudahan penggunaannya dan fleksibilitas dalam membuat desain yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji validitas dari multimedia Timatri yang dikembangkan memperoleh nilai rerata validitas 83% dengan kategori sangat valid dan uji kepraktisan dari produk yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan nilai 85%. Oleh karena itu, pengembangan Timatri menunjukkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 2. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar dan respons positif dari siswa serta guru. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis Canva dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran geometri yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sejak dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Firdausi, B. W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar . 11(2).
Kamila, Z., & Kowiyah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajarank Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663
Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3816
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan media Screencast-O-Matic mata kuliah Kalkulus 2 menggunakan model 4-D Thiagarajan. 3(1), 214–219.
Lestari, S., & Widda Djuhan, M. (1970). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250
Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan JURNAL PENDIDIKAN, 29(2). https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Reza, M., & Supriyadi, S. (2021). Pengembangan Media Multi Interaktif Flash Player pada Pembelajaran Zakat untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa.
Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi CANVA Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292–306. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306
Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika.
Suliani, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 92. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.3143
Sugiyono. (2019). Metedologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Alfabeta.
Worosetyaningsih, T. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Berbasis ICT terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(4). https://doi.org/10.21831/jwuny.v16i4.3512
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.16346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.