PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN MODEL PJBL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERTEMAKAN KERAGAMAN NUSANTARA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V

Moh. Sholeh, Nur Laili Ikawati Ikawati, Wimawantika Hapsari Nugraha, Oktavia Wahyuni Saputri, Imam Rofiki

Abstract


Tema Keragaman Nusantara di kelas V SD adalah langkah awal yang krusial dalam menanamkan kesadaran akan keberagaman budaya sejak dini.Salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah dengan mengadopsi inovasi teknologi, seperti pengembangan  E-Modul  interaktif. Dengan mengintegrasikan model Project Based Learning melalui E-Modul, peserta didik tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat langsung dalam proses belajar, sehingga pemahaman mereka terhadap konsep keragaman menjadi lebih mendalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikenal juga R&D. Dengan tujuan mengembangkan E-Modul interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang bertemakan Keragaman Nusantara pada peserta didik kelas V. Hasilnya bahwa E-Modul  berbasis PjBL sangat praktis digunakan dalam pembelajaran baik dari aspek penggunaan, materi, desain, kebermanfaatan, dan juga aspek bahasa.


Keywords


E-Modul; PjBL; Bahasa Indonesia; Teks Eksplanasi

Full Text:

PDF

References


Agus, S. (2010). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Kooperatif. Cv. Ae media grafika.

Amin, M. M., & Romelah. (2024). Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Materi Menjauhi Pergaulan Bebas Berbasis Project-Based Learning Jenjang SMA. Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia, 3(4), 204–214.

Arifin, B., Handayani, E., Yunaspi, D., … R. E.-I. J. O., & 2023, U. (2023). Transformasi Bahan Ajar Pendidikan Dasar ke Arah Digital: Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Teknologi Cybernetics. J-Innovative.Org, 3(5), 1–10.

Astuti, F., Widodo, S. A., Taufiq, I., Pusporini, W., & Mansor, K. A. (2023). Critical Thinking Skills Of Year 10 Sanguinis Students In Learning Based On Niteni, Nirokke, And Nambahi. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 149-176.

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., Slamet, St. Y., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56190

Fujiarti, A., Meilania, D. K., Angraeni, M., & Umah, R. N. (2024). Literatur Review: Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 83-89.

H. Izza, W. S. Wardhono, and A. Suharsono. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar pada Materi Komunikasi Jaringan Komputer dan Telepon Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 3 Malang. J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 7(5).

Hendrowati Tri Yuni. (2015). Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui. e-DuMath , 1(1), 1–16.

Hilda, Sismulyasih, N., Wati, T. I., & Afifah, T. F. (2023). Media pembelajaran SD (1 ed.). Cahya Ghani Recovery.

Idul Adha, & Faridi Faridi. (2024). Inovasi dalam Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Akhlaq. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 119–137. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.532

Irmawati, I., Baktiar, M., & Hutapea, B. (2023). Pemanfaatan E-Modul Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva pada Prodi Pendidikan Matematika dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 145-152.

Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11–21. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838

Kurniawati, E., & Matang, M. (2023). Pembentukan Karakter Kebangsaan Berbasis Nilai-Nilai Kenusantaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 10(2), 169–182. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22509

Magdalena, I., Wiyanti, O., & ... (2024). Asumsi Dasar Desain Pembelajaran. Sindoro: Cendikia …, 3(1), 21–30.

Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sma Negeri 1 Seteluk. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.117

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Janah, R. M. M., Thifana, A. R., Susanti, R., & Marini, F. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3678-3684.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879-1887.

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2), 221–230. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830

Sugiyono. (2019). Metedologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.16265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.