EDUKASI ANATOMI (SI TOMI) BERBASIS QUICK RESPONSE CODE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

Ainaul Mardhiyah, Taufik Taufik, Munawir Munawir

Abstract


Penelitian ini didasari oleh kurangnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi anatomi tubuh manusia pada pelajaran IPA, khususnya pada tingkat sekolah dasar. Para siswa sering menghadapi kesulitan dalam memahami konsep-konsep anatomi secara visual, yang berdampak pada prestasi belajar mereka. Masalah ini menjadi dasar untuk dikembangkannya sebuah media pembelajaran berbasis teknologi yang lebih interaktif dan dapat memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam. Berdasarkan analisis kebutuhan dan permasalahan tersebut, dikembangkanlah media pembelajaran inovatif, yakni SI TOMI (Sistem Edukasi Anatomi berbasis Quick Response Code) yang bertujuan untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa melalui pendekatan multimedia yang interaktif. Penelitian ini menerapkan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan tahapan sistematis mulai analisis kebutuhan hingga pengujian keefektifan produk. Media yang dikembangkan ini sudah divalidasi para ahli serta diuji coba kepada guru dan siswa untuk menilai tingkat kepraktisan dan efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SI TOMI sangat valid dengan persentase validitas sebesar 89%, serta sangat praktis digunakan dalam pembelajaran dengan tingkat kepraktisan sebesar 94%. Pengujian efektivitas menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pencapaian belajar siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 59,20 dan post-test 83,73. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan signifikan dengan besarann nilai 0,000.

 

Keywords


Education, Anatomy, QR Code, Achievement, Learning.

Full Text:

PDF

References


Al-Sababha, K. M. H. (2024). The effect of using a QR code-enhanced brochure on students’ knowledge and skill learning outcomes. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(2), 84–99. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i2.694

Al-Sindi, T., Putra, H. D., & Ghozi, S. (2023). Integrating Technology into Classroom Training. Journal of Training, Education, Science and Technology, 1–6. https://doi.org/10.51629/jtest.v1i1.168

Assunção, D. B. de. M. R. C. M. B. (2024). Significant use of technologies in digital education.

Belousova, A. K., Gordeeva, P. A., & Yamanova, N. I. (2023). Peculiarities of thinking of primary school children with learning disability. Инновационная Наука: Психология. Педагогика. Дефектология, 6(2), 79–88. https://doi.org/10.23947/2658-7165-2023-6-2-79-88

Kartika Sari, P., & Nabilla Qonita, D. (2024). QR Code-Based Digital Media for Scientific Literacy Skills Enhancement of Elementary School Students. 26(1), 63–83. https://doi.org/10.21009/JTP2001.6

Kossey, J., Berger, A., Brown, V., Kossey jfkossey, J., & Allison Berger Allisonberger, comcastnet. (2015). Connecting to Educational Resources Online with QR Codes. In FDLA Journal (Vol. 2). https://nsuworks.nova.edu/fdla-journal

Kumullah, R., Tri Djatmika, E., Yuliati, L., & Dasar, P. (n.d.). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa dengan Problem Based Learning pada Materi Sifat Cahaya. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Lamanauskas, V. (2022). NATURAL SCIENCE EDUCATION IN PRIMARY SCHOOL: SOME SIGNIFICANT POINTS. Journal of Baltic Science Education, 21(6), 908–910. https://doi.org/10.33225/jbse/22.21.908

Llopiz-Guerra, K., Ruiz, D. U., Hernández, R. M., Mejia, V. L. V., Nunayalle, J. D. R. J., & Sanchez, K. R. (2024). Importance of Environmental Education in the Context of Natural Sustainability. Natural and Engineering Sciences, 9(1), 57–71. https://doi.org/10.28978/nesciences.1473461

Rokhiyah, I., Sekarwinahyu, M., & Sapriati, A. (2023). Science Literacy of Elementary School Students through Science Practical Work Learning Method. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3986–3991. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3761

Saravani, S.-J., & Clayton, J. (n.d.). A conceptual model for the educational deployment of QR codes.

Sari, A. M., & Nurcahyo, H. (2018). Improving students learning motivation through mobile learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(3), 271–276. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6859




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.16237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.