IMPLEMENTASI PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN MANUKAN KULON SURABAYA
Abstract
Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi panca indera manusia yang rendah dalam pembelajaran menjadi pendorong penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti mengusulkan untuk menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK-K) terdiri dari empat tahapan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama melibatkan TaRL dengan menyesuaikan bahan ajar dengan tingkat pemahaman peserta didik, sedangkan siklus kedua berfokus pada evaluasi dan perbaikan strategi berdasarkan hasil siklus pertama. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SDN Manukan Kulon Surabaya yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan metode kuantitatif untuk meningkatkan perbaikan sebelum dan sesudah penerapan serta kualitatif untuk menilai perubahan dinamika pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dari 74,07% pada siklus I menjadi 85,18% pada siklus II. Implikasi TaRL memberikan perlakuan yang tepat kepada peserta didik berdasarkan tingkat kesiapannya untuk meningkatkan minat belajar, motivasi, aktivitas dan pencapaian hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. (2019). JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191-202.
Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Avianti, M. N., Setiani, A. R., Lestari I. et.all. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI melalui Pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) pada Materi Sistem Eksresi. Jurnal Jeumpa, 10(2), 231-239.
Fitaria Putri, T. N., Untari E., & Utama, C. (2024). Analisis Muatan 4C dalam Buku IPAS Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Nusantara (IPNU), 1(1), 1-9.
Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., P. Soemasono, D. W., Kamadi, L., Latuheru, R. V., Hanafi, S. (2023). Pengantar Pendidikan. Batam. Cv. Rey Media Gravika.
Lestari Ndraha, Y. B. (2024). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD 071057 Hiliweto pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan TaRL. Jurnal Ilmiah Mandalika Education (Madu), 2(1).
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatkan Hasil Belajar melalui Pendekatan TaRL Model PBL dalam Matematika Kelas V SDN Bendam Ngisor. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).
Magfirah, F., Haris, A., & Ernie. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2).
Maizura, R. (2022). The Influence of Complex Instruction Type Cooperative Learning Models on Student History Learning Outcomes SMA Negeri 5 Banda Aceh. Educational Journal of History and Humanities, 5(1), 153-158.
Manullang, J. N., & Puspitawati, R. P. (2024). Analisis Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik X-3 dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Pendekatan TaRL. Jurnal Inovasi Kreativitas Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-6.
Novianita, E. (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 336-349.
Pusfita Sari, D. E. I. (2023). Konseptualisasi Dasar-dasar Pendidikan Ki Hajar Dewantara Terhadap Pendidikan Karakter. National Conference for Ummah (NCU), 01(01).
Ramdani, Z., Amri, A. H., Warsihna, J., Anas, Z., & Susanti, S. (2022). Students Diversity and The Implementation of Adaptive Learning and Assesment. Interdisciplinary Conference of Psychology, Health and Social Science (ICPHS 2021), 157-161.
Sri Astiti, D. K., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
Tri Rahyu, I. A. (2019). Mengembangkan Keterampilan Memecahkan Masalah melalui Pembelajaran Berdasar Masalah. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, 01(01),1-6.
Vitaloka, D. H.., Andriani, D. N., & Purwati. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 01 Klegen. Seminar Nasional Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(02), 545-553.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.15842
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.