PENGARUH MOTIVASI BERAFILIASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES PERUMNAS ANTANG KOTA MAKASSAR
Jusmawati Jusmawati, Satriawati Satriawati, Imran R
Abstract
Motivasi Berafiliasi merupakan hal yang paling efektif dalam keaktifan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berafiliasi terhadap keaktifan dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan ex post facto sering disebut dengan after the fact artinya penelitian yang dilakukan untuk mengetahui penyebab-penyebab terhadap peristiwa yang sudah terjadi. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang Kota Makassar yang terdiri 92 siswa, dengan teknik Simple Random Sampling sampel yakni 32 siswa. Hasil penelitian menggunakkan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata motivasi berafiliasi adalah 43,25 berada pada kategori baik dan nilai ratarata keaktifan pembelajaran matematika 40,88 berada pada kategori baik dan analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas motivasi berafiliasi 0,221 dan keaktifan 0,237 lebih dari 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas adalah 0,351 lebih dari 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,213 lebih dari 0,05 dengan demikian terdapat hubungan yang linear motivasi berafiliasi terhadap keaktifan dan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,001, dengan kriteria Sig (0,001) < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi berafiliasi terhadap keaktifan pembelajaran matematika kelas V SD Inpres Perumnas Antang Kota Makassar
Keywords
Motivasi Berafiliasi, Keaktifan, Belajar Matematika
References
Aqib Zainal & Sujak. 2012. Panduan dan Aplikasi PandidikanKarakter. Yrama Widya : Bandung.
As’ad, M. (2009). Psikologi. Liberty : Yogyakarta
Hamzah. B. Uno. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Kreatif dan Efektif. Jakarta : PT Bumi Aksara
Haryono, Didi 2014. Filsafat Matematika. Bndung : Alfabeta Jihad Asep dan Haris Abdul.2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Presindo
Pidarta Made. 2013. Landasan Kependidikan. Rineka Cipta : Jakarta.
Robbins. Sthepen P. Organizational Behavior. PT. Bhuana Ilmu Populer : Jakarta
Santrock. John W. 2007. Psikologi pendidikan. Kencana : Jakarta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grapindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung
Syah Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Rajawali Pers : Jakarta.
Tiro, M. A. 2010. Cara Efektif Belajar Matematika. Makassar : Andira Publisher.
DOI:
https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.