PENGARUH MOTIVASI BERAFILIASI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES PERUMNAS ANTANG KOTA MAKASSAR

Jusmawati Jusmawati, Satriawati Satriawati, Imran R

Abstract


Motivasi Berafiliasi merupakan hal yang paling efektif dalam keaktifan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berafiliasi terhadap keaktifan dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan ex post facto sering disebut dengan after the fact artinya penelitian yang dilakukan untuk mengetahui penyebab-penyebab terhadap peristiwa yang sudah terjadi. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang Kota Makassar yang terdiri 92 siswa, dengan teknik Simple Random Sampling sampel yakni 32 siswa. Hasil penelitian menggunakkan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata motivasi berafiliasi adalah 43,25 berada pada kategori baik dan nilai ratarata keaktifan pembelajaran matematika 40,88 berada pada kategori baik dan analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas motivasi berafiliasi 0,221 dan keaktifan 0,237 lebih dari 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas adalah 0,351 lebih dari 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,213 lebih dari 0,05 dengan demikian terdapat hubungan yang linear motivasi berafiliasi terhadap keaktifan dan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,001, dengan kriteria Sig (0,001) < α (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi berafiliasi terhadap keaktifan pembelajaran matematika kelas V SD Inpres Perumnas Antang Kota Makassar

Keywords


Motivasi Berafiliasi, Keaktifan, Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Aqib Zainal & Sujak. 2012. Panduan dan Aplikasi PandidikanKarakter. Yrama Widya : Bandung.

As’ad, M. (2009). Psikologi. Liberty : Yogyakarta

Hamzah. B. Uno. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Kreatif dan Efektif. Jakarta : PT Bumi Aksara

Haryono, Didi 2014. Filsafat Matematika. Bndung : Alfabeta Jihad Asep dan Haris Abdul.2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Presindo

Pidarta Made. 2013. Landasan Kependidikan. Rineka Cipta : Jakarta.

Robbins. Sthepen P. Organizational Behavior. PT. Bhuana Ilmu Populer : Jakarta

Santrock. John W. 2007. Psikologi pendidikan. Kencana : Jakarta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grapindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung

Syah Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Rajawali Pers : Jakarta.

Tiro, M. A. 2010. Cara Efektif Belajar Matematika. Makassar : Andira Publisher.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.